Diganjar Ampunan Dosa dan Ketenangan Jiwa, Ini 5 Cara Meluangkan Waktu Untuk Dzikir Ramadhan

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Bulan Ramadhan hampir usai, kita harus memaksimalkan ibadah disisah waktu yang ada, untuk mencapai tingkat keimanan yang lebih baik dan mendekatkan diri kepada Allah Azza wa Jalla. Salah satu caranya adalah dengan banyak berdizikir kepada Allah, dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda :

“Jika ada suatu kaum yang duduk untuk berdzikir kepada Allah ‘Azza wa jalla, niscaya para malaikat akan mengelilingi mereka, mereka pun diliputi rahmat, dan diturunkan ketenangan jiwa untuk mereka. Dan Allah pun menyebut mereka kepada orang-orang yang berada di sisi-Nya.” (HR. Muslim, At-Tirmidzi, dan Ahmad).

Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa Sallam biasa memanfaatkan waktu di bulan Ramadhan dengan melakukan dzikir terus – menerus. Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk memanfaatkan waktu yang berharga di bulan Ramadhan dan melakukan dzikir:

1.Sengaja luangkan waktu berdzikir, bukan berdizikir ketika luang

Rencanakan aktivitas harianmu sedemikian rupa, sehingga kamu bisa menghabiskan waktu 30 menit - 60 menit untuk berdzikir dengan baik. Dengan cara ini, tidak peduli sesibuk apapun kegiatanmu, kamu masih meluangkan waktu untuk berdzikir kepada Alloh Subhanahu wa ta’ala.

Jika kamu harus menyesuaikan jadwal kerja, atau kegiatan mengasuh buah hati, tidak masalah. Atur lagi jadwalmu sebaik mungkin atau ketika anak – anak sudah tidur. Cobalah mengatur waktu tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk Ilahi Rabbi.

2.Berdzikir di antara tugas-tugas harian

Jika kamu tidak bisa mengatur waktu tertentu untuk berdzikir setiap hari, maka biasakanlah dirimu untuk berdzikir dalam slot waktu luang di antara menyelesaikan tugas – tugas harian. Misalnya, ketika kamu mengendarai sepeda motor atau mobil, ketika berbelanja, atau ketika bermain dengan anak – anak.

Dengan begitu, lidah kita akan senantiasa terbiasa berdzikir sepanjang hari dalam hidup kita. Pada akhirnya, akan lebih banyak waktu untuk berdzikir.

3.Dzikir sambil melakukan tugas sehari-hari

Pada dasarnya, kamu bisa berdzikir kapanpun selama yang kamu inginkan. Yang harus kamu lakukan adalah menghafalkan beberapa ayat dzikir Ramadhan sembari melanjutkan tugas – tugas harian.

Misalnya, kamu bisa berdzikir sembari memasak atau melakukan pekerjaan rumah tangga dan tugas lainnya. Kamu juga bisa mengunduh berbagai aplikasi yang membantumu membaca Al Quran atau doa dzikir saat melakukan tugas lainnya.

4.Atur pengingat

Jika kamu adalah tipe yang kesulitan mengingat, atur waktu di ponsel atau tablet untuk mengingatkan diri agar bisa berdzikir sepanjang hari. Kamu bisa membuat jadwal pengingat pada ponsel dan berusaha menindaklanjutinya, bukan hanya sekedar menghapus notifikasi.

5.Dzikir sebelum tidur

Setelah melalui hari yang panjang dan melelahkan, waktu tidur adalah waktu ideal untuk mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala. Karena dengan begitu, tidak ada lagi gangguan di sekitarmu.

Jika kamu tidak bisa berdzikir di siang hari, maka biasakan berdzikir di malam hari. Cobalah tidur lebih awal mulai jam 20.00 agar bisa bangun di sepertiga malam dan lebih banyak waktu berdzikir.

Inilah beberapa tips sederhana bagi mereka yang ingin memaksimalkan waktu mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala di bulan Ramadhan. Mudah – mudahan bermanfaat ya.

Leave a Comment