Benarkah Sahabat Bisa Membawa ke Surga ?

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Akhirat adalah tujuan hidup dan surga adalah tempat yang selalu diidam-idamkan seluruh umat manusia. Tantangan serta cobaan kian mengiringi perjalanan seorang manusia untuk mencapai surga-Nya. Adanya Iman, amal shaleh dan rahmat Allah menjadi bekal penting untuk menggapai kehidupan terbaik di akhirat nanti.

Banyak jalan menuju Roma, banyak juga cara menuju surga. Bahkan teman yang bertakwa dapat menularkan virus-virus surgawi pada kita.

Agama seseorang dapat dilihat dari agama temannya. Jika teman itu merupakan orang yang taat beragama, baik budi pekertinya, kemungkinan besar orang yang ditemani memiliki perilaku yang sama.

Contoh konkretnya, teman yang rajin dalam belajar akan memotivasi teman yang lain untuk tidak bermalas-malasan. Dalam pertemanan akan ada tolong menolong antara sesama. Mengingatkan yang lupa dan memotivasi yang lemah.

Seorang teman yang baik akan memacu kita dan orang-orang disekitarnya untuk meraih rida-Nya. Senantiasa melakukan amal baik dan beribadah kepada Allah ta’ala. Ia tak serta merta menghabiskan waktunya untuk bersenang-senang saja namun mengalokasikan waktunya untuk kegiatan yang bermanfaat.

Teman akan memberi pengaruh yang amat luar biasa. Secara tidak langsung, dampak-dampak positif dari seorang teman yang baik akan mengisi pundi-pundi pahala kita. Berbeda dengan toxic friend yang akan menjerumuskan kita dalam kerugian. Ia hanya akan mengajak kita untuk sekedar bergosip atau menghabiskan waktu tanpa arti.

Sahabat yang dekat kepada Allah akan meracuni kita untuk tetap dekat kepada Allah, sahabat yang gemar bershalawat akan mengajak lisan dan hati kita untuk terus merindukan baginda Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam.

Persahabatan yang tulus karena Allah, akan menjadi saudara yang saling mengasihi dan saling membantu, dan persaudaraan itu tetap akan berlanjut hingga ke Akhirat kelak.

Allah berfirman,

Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa. ( QS. Az-Zukhruf ayat 67. )

Sesuai ayat diatas, hendaklah kita mencari sahabat yang baik perangainya, yang kerap mengajak kita untuk menghadiri majlis-majlis ilmu, melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk diri sendiri ataupun masyarakat luas.

Maka, perbanyaklah teman dari golongan orang-orang mukmin. Boleh jadi, satu diantaranya akan menuntun kita ke surga Allah.

Al-Hasan Al-Bashri berkata, “Perbanyaklah sahabat-sahabat mukminmu, karena mereka memiliki syafa’at pada hari kiamat.”

Mulailah untuk memperbaiki diri agar orang-orang baik pun ingin mendekati kita hingga akhirya kebaikan selalu mengiringi hari-hari kita. Semoga Allah selalu melindungi langkah kita.

Leave a Comment