Doa Agar Senantiasa Terhindar dari Rasa Malas

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Saat hendak mengerjakan suatu pekerjaan, tentu di antara kita pernah mengalami fase ‘mager’ atau ‘malas gerak’ sehingga menunda pekerjaan tersebut. Jika dibiarkan terlalu lama, rasa malas tersebut membuat kita justru terbiasa dengan kemalasan tersebut. Terlebih lagi jika rasa tersebut sudah menguasai diri sehingga malas untuk beribadah, na’uzubillah.

Untuk menghindari rasa atau sifat malas tersebut, cobalah perbaiki niat dan kebiasaan. Selain itu, memintalah perlindungan-Nya agar terhindar dari rasa malas. Berikut Muslimahdaily rangkum beberapa doa yang dapat dibaca ketika rasa malas menghampiri:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal kasali wa a‘ûdzubika minal jubni wa a‘ûdzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung pkeadaMu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit.”

Atau dapat pula membaca,

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ، وَالْكَسَلِ، وَالْجُبْنِ، وَالْهَرَمِ، وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ
 

Allaahumma innii a’uudzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhli, wa a’uudzu bika min ‘adzaabil qobri, wa min fitnatil mahyaa wal mamaati.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, pengecut/rasa takut, pikun/kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta fitnah/bencana kehidupan dan kematian.”

Dapat pula membaca doa ini untuk berlindung dari kesusahan, kesedihan, lemah, hingga malas,

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

Allaahumma innii a’uudzu bika minal hammi wal hazani, wal ‘ajzi wal kasali, wal bukhli wal jubni, wa dhola’id-daini wa gholabatir-rijaal.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kesedihan, lemah dan malas, kikir dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang.”

Last modified on Senin, 25 November 2019 19:51

1 comment

Leave a Comment