Atasi Futur Saat Diri Mulai Malas Beribadah

By November 27, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Futur kerap kali diartikan sebagai rasa malas, enggan, dan lamban dalam melakukan suatu kebaikan. Biasanya futur dikaitkan dengan kualitas ibadah seseorang yang mulanya rajin tetapi berkurang saat rasa malas mulai menghampiri. Tentu di antara kita pernah mengalami hal seperti ini bukan?

Jika didiamkan terlalu lama, bisa jadi rasa malas tersebut membuat kita tidak beribadah sama sekali, Naudzubillahimindzalik. Berikut Muslimahdaily rangkum dari berbagai sumber tips untuk atasi futur:

Mohon ampun dan pertolongan Allah

Mohon ampunlah kepada Allah karena sudah mengkhianati-Nya dengan malas beribadah. Perbanyak beristighfar dan sesali semua dosa yang telah diperbuat. Selain itu, mintalah pertolongan kepada Allah karena sesungguhnya Allah yang Maha Membolak-blikan hati hamba-Nya dan Meneguhkan hati hamba-Nya di atas agama-Nya.

Carilah lingkungan yang dapat mendekatkan diri dengan Allah

Seseorang yang pada awalnya malas untuk beribadah, seketika menjadi bersemangat saat melihat orang-orang dilingkungannya rajin beribadah. Ibnu Khaldun pernah berkata, manusia adalah anak lingkungannya. Artinya, orang-orang disekitarnya yang membentuk karakter dan kepribadian seseorang. Untuk itu, carilah lingkungn yang baik sehingga dapat mendekatkan dirimu dengan Allah Subhanallah wa ta’ala.

Cari teman yang dapat mengajakmu berbuat kebaikan

Teman merupakan orang yang paling berpengaruh pada diri kita. Tanpa sadar, teman membentuk karakter kepribadian sesorang. Pilihlah teman yang selalu mengantarkan diri pada kebaikan, yang selau mengingatkan saat diri mulai malas bahkan lupa untuk beribadah. Dengan begitu, rasa malas yang menghampiri lama-lama akan terkalahkan dengan sendirinya.

Sadar jika keliru

Cepatlah sadar ketika kamu berada dalam kekeliruan. Seseorang dikatakan baik jika sudah menyadari akan kekeliruannya tersebut. kesadaran seseorang akan sifat malasnya dalam beribadah adalah modal awal dirinya untuk kembli bersemangat melakukan kebaikan kembali di jalan Allah. Kesadaran akan kekeliruan ialah hidayah dari sang Illahi, untuk itu jangan kembali membuka pintu-pintu setan dengan malas beribadah.

Ingatlah Hari Akhir

Ingatlah jika hidup di dunia ini hanya bersifat sementara. Kehidupan yang kekal ialah di akhirat. Semua yang bernyawa tentu akan kembali pada-Nya dan mempertanggungjawabkan semua amal perbuatan selama di dunia. Rajinlah beribadah sebagai tabungan akhirat kelak!

Semoga tips di atas bisa membantu Sahabat Muslimah untuk rajin beribadah ya!

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama