5 Keutamaan Menjawab Azan yang Perlu Kamu Ketahui

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto: muslimobsession )

Muslimahdaily - Saat adzan berkumandang sudah patutnya kita menjawab tiap lantunan adzan yang didengar. Islam menghargai umatnya yang menjawab adzan sebagai amalan yang besar. Sekalipun hanya mengucapkan seperti yang diucapkan oleh muadzin. Apa aja sih keutamaan amalan dari menjawab adzan? Yuk simak ulasan berikut!

Menjadi saksi kebaikan

Abu Said al-Khudri Radhiyallahu 'anhu, Nabi Shallahu‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidaklah suara adzan yang keras dari yang mengumandangkan adzan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendegarnya melainkan itu semua akan menjadi saksi pada hari kiamat.”

Dalam hadis tersebut dikatakan dengan menjawan adzan akan menjadi saksi kebaikan di akhirat kelak.

Mengampuni Dosa

Barangsiapa yang ketika mendengar adzan kemudian mengucapkan,

وَأَنَا أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلا اللهُ، وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَنَّ

مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، رَضِيتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِمُحَمَّدٍ

رَسُولًا، وَبِالْإِسْلامِ دِينًا

Yang memiliki arti,”Saya juga bersaksi bahwasanya tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tiada seukut baginya, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, aku ridha Allah sebagai Rabku, Muhamamd sebagai Rasul, dan Islam sebagai agamaku.”

Dalam hadis riwayat Ahmad dan Muslim, siapa yang mengucapkan itu maka akan diampuni segala dosanya.

Mengantarkan Menuju Surga

Umar bin Khatab Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah bersabda, "Siapa yang mengucapkan itu dari dalam hatinya maka akan masuk surga." (HR. Muslim, Abu Daud, dan yang lainnya)

 

Abdullah bin Amr bin Ash RA, Rasullah bersabda: “Apabila kalian mendengar muadzin, jawablah adzannya. Kemudian bacalah shalawat untukku. Karena orang yang membaca shalawat untukku sekali maka Allah akan memberikan shalat untuknya 10 kali.”

Abu Aliyah salah seorang ulama tabi’in mengatakan, makna dari shalawat Allah kepada makhluk-Nya adalah pujian Allah untuk makhluk tersebut di hadapan para malaikat-Nya.

Doa Orang yang Menjawab Adzan, Mustajab

Keutamaan lainnya ialah, mustajabnya doa orang yang menjawab adzan. Dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu 'anhu, beliau bercerita, “Ada seseorang yang bertanya kepada Nabi Muhammad, Ya Rasulullah, para Muadzin mengalahkan kami dalam menggapai keutamaan. Kemudian Nabi bersabda, 'Ucapkan seperti yang diucapkan muadzin, jika kamu telah selesai, berdoalah makan kamu akan diberi.”

Last modified on Sabtu, 25 Januari 2020 20:12

Leave a Comment