Pahala Shalat yang Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Shalat qabliah subuh atau shalat sunah fajar merupakan salah satu bagian dari shalat rawatib, yaitu shalat sunnah yang dilakukan sebelum ataupun sesudah shalat wajib.

Shalat fajar dua rakaat tentunya dilakukan sebelum shalat subuh. Keutamaan yang dimiliki oleh ibadah sunah fajar ini yang menjadi alasan mengapa Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkannya, sekalipun sedang dalam safar.

Keutamaan dari sholat sunnah ini adalah pahalanya lebih baik dari dunia dan seisinya, Rasulullah bersabda, “Dua rakaat shalat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.” (HR. Muslim725).

Betapa besarnya pahala yang Allah jaminkan kepada kita sebagai seorang hamba, tidak sepantasnya kita melewatkan kesempatan untuk meraih keutamaan shalat fajar ini

Rasulullah juga menganjurkan bacaan surat yang ringan yaitu surat al-kafirun dan al-ikhlas pada saat shalat fajar, seperti disebutkan dalam hadist berikut:

“Qul huwallahu ahad, menyamai sepertiga Al Qur’an dan Qul yaa ayyuhal kaafiruun menyamai seperempat Al Qur’an. Berkata Ibnu Umar: Dan adalah Nabi membaca pada dua rakaat sunnat fajar dan Nabi berkata: Pada dua rakaat ini terdapat karangan-karangan mutiara yang indah-indah.” (HR. Abu Ya’la dari Ibnu Umar).

Betapa indahnya jika kita bisa melihat dan merasakan kehadiran karangan mutiara yang indah sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah sebagai gambaran istimewanya sholat fajar ini. Karena keutamaan dan keistimewan ibadah ini, Rasulullah selalu bersemangat untuk mengerjakannya.

Aisyah Radhiyallahu'anha berkata, “Aku tidaklah pernah mendengar Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa sallam mengerjakan shalat sunnah yang lebih semangat dibanding dengan shalat sunnah dua raka’at sebelum Fajar." (HR. Muslim).

Sebagai pengikutnya, semangat Rasulullah dalam menjalankan ibadah khusunya shalat sunah fajar ini sudah sepatutnya kita contoh, Amalan yang ringan, namun besar pahalanya. Dan sebaik-baik amalan, adalah amalan yang bersifat kontinu dalam pelaksanaannya.

Dari ’Aisyah Radhiyallahu’anha, beliau mengatakan bahwa Rasulullah bersabda:

“Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinyu, walaupun sedikit.” (HR. Muslim).

Shalat sunah fajar ini juga merupakan salah satu wujud kita kepada Allah Ta'ala yang sudah memberikan penjagaan saat kita tidur sehingga kita bisa mengistirahatkan tenaga dan pikiran, kemudian Allah bangunkan kita dalam kondisi yang segar karena masih bisa menghirup udara segar di pagi hari yang Allah berikan secara cuma-cuma. Maka bersyukurlah salah satunya dengan melakukan shalat sunah fajar ini. Semoga kita semua termasuk ke dalam orang-orang yang selalu bersyukur. Aaamiin.