7 Amalan Sederhana Ini Bisa Membuat Rezekimu Lancar

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Adakalanya manusia merasa dirinya sedang dalam keadaan kekurangan, merasa rezekinya tidak lancar dan terhambat. Bisa jadi persepsi tersebut muncul karena memang kurangnya rasa syukur atau memang sedang dalam kondisi kekurangan. Namun sebenarnya kedua kondisi itu bisa dirubah dengan beberapa amalan sederhana.

Berikut 7 amalan yang membuat Rezeki lancar :

1. Silaturahmi

Mungkin kita sudah banyak mendengar pernyataan bahwa silaturahmi dapat memperlancar rezeki. Seperi sebuah penegasan dari Al-Faqih bahwasannya dosa besar bagi mereka yang memutus tali persaudaraan terhadap saudaranya. Karena hal tersebut dan memutus rahmat Allah kepada dirinya dan teman-teman terdekatnya.

Dengan silaturahmi kita dapat mengetahui kondisi terkini saudara, kerabat dan teman terdekat kita, dan bisa saja Allah menurunkan rezeki lewat saudara atau kerabat yang kamu kunjungi tersebut. Karena pintu rezeki datang dari berbagai arah, tugas kita adalah menjemputnya dan bertawakal kepada Allah.

2. Istighfar

Tidak lancarnya rezeki bisa jadi disebabkan oleh menumpuknya dosa kita, dimulai dari dosa-dosa yang kecil yang terkadang tidak kita sadari sampai dosa besar yang mungkin kita lupa belum meminta maaf kepada Allah. Maka beristighfarlah, karena istighfar bisa menjadi salah satu media untuk mempermudah rezeki, sebagaimana hadist dibawah ini

Rasulullah bersabda,”Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka,”(HR.Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad)

3. Sedekah

Memberi kalau dipikir dengan logika akan mengurangi jumlah harta kita, tapi pada kenyataanna harta yang kita berikan kepada orang lain akan menjadi bekal di akhirat nanti, dan justru akan membuka pintu-pintu rezeki lainnya. Berikut janji Allah atas orang yang bersedekah,

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki . Dan Allah maha luas (kurnia-Nya) lagi maha mengetahui” . (Al Baqarah (2) : 261)

4. Shalat Dhuha

Shalat di awal siang ini Allah janjikan rezeki yang berkah jika kita melakukannya, dan tentunya Allah cukupkan kebutuhan kita di dunia hari itu. Pilihan rakaat shalat dhuha ini beragam, dari 2-12 rakaat. Kalau kamu merasa rezeki kurang lancar, coba deh rutinkan shalat dhuha.

At Thibiy berkata, “Yaitu engkau akan diberi kecukupan dalam kesibukan dan urusanmu, serta akan dihilangkan dari hal-hal yang tidak disukai setelah engkau shalat hingga akhir siang. Yang dimaksud, selesaikanlah urusanmu dengan beribadah pada Allah di awal siang (di waktu Dhuha), maka Allah akan mudahkan urusanmu di akhir siang.” (Tuhfatul Ahwadzi, 2: 478)

5. Bershalawat

Tanda cinta kasih kita kepada Rasulullah saw adalah dengan bershalawat kepadanya. Shalawat akan mendatangkan berkah dan rizki tentunya melalui Allah swt. Bershalawat akan melenyapkan dosa-dosa dan wasilah dari Allah swt, dengan lenyapnya dosa-dosa makan Allah akan mengabulkan segala permintaan hamba-Nya, terutama masalah rezeki.

Riwayat dari Abu Hurairah bahwa beliau saw. Bersabda, “Bacalah shalawat untukku, karena dengan shalawat tersebut, maka lenyaplah dosa-dosamu, dan mintalah kepada Allah untukku wasilah.”

6. Tahajud

Seperti yang sudah kita ketahui, shalat tahajud memiliki banyak keutamaan di dalamnya, waktu dimana banyak orang terlelap dalam tidurnya sehingga kita bisa fokus meminta semua keinginan, memohon ampunan danmerengek menangis kepada Allah. Tahajud bisa menjadi salah satu sarana untuk mendapatkan Rahmat Allah, maka jika semua keinginan ingin terpenuhi, maka mendekatlah kepada Allah di sepertiga malam.

Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah bersabda, “semoga Allah merahmati laki-laki yang bangun malam, lalu melaksanakan shalat dan membangunkan istrinya. Jika sang istri menolak, ia memercikkan air di wajahnya. Juga, merahmati perempuan yang bangun malam, lalu shalat dan membangunkan suaminya. Jika sang suami menolak, ia memercikkan air di wajahnya.” (HR. Abu Daud)

7. Bersyukur

Inti dari segalanya adalah bersyukur, baik dalam keadaan susah ataupun senang, cukup ataupun kurang, bersyukurlah. Memang sifat dasar manusai adalah ingin selalu lebih dari apa yang diinginkan sekarang, tapi cobalah bersyukur dan jangan banyak mengeluh, karena ketika kita bersyukur Allah akan menambah kenikmatan kita, sebaliknya jika kia ingkar makan Allah tak segan-segan menyabut nikmat-Nya.

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (Qs. Ibrahim : 7)

Semoga Allah akan selalu melapangkan Rezekimu kapanpun dan dimanapun.

Last modified on Sabtu, 07 Maret 2020 09:40