5 Hal Ini Harus Dilakukan Seorang Muslim Saat Wabah Penyakit Melanda

By March 16, 2020 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Dunia saat ini sedang berjuang menghadapi Virus Corana, beragam cara dilakukan oleh setiap otoritas Negara, mulai dari pengecekan suhu badan, meliburkan sekolah, hingga melakukan lockdown.

Lantas bagaimana sikap yang seharusnya dilakukan seorang muslim saat menghadapi wabah virus berbahaya ini ?

1.Jangan Panik dan Menimbun Barang

Saat wabah menyerang hendakanya seorang muslim tetap tenang dan jangan panik menghadapi kondisi yang terjadi. Ingatlah bahwa segala hal di dunia ini sudah Allah tetapkan bahkan sejak zaman azali, tiada suatu musibahpun yang dapat menimpa seseorang kecuali atas seizin Allah.

Tidak ada sesuatu musibah yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Allah; dan barangsiapa beriman kepada Allah, niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. ( Q.S At-Tagabun : 16 )

Tidak perlu memborong atau menimbun barang pokok atau alat – alat kesehatan, sehingga menyebabkan terjadinya kelangkaan.

Dalam sebuah riwayat dijelaskan, dari “Ma’mar bin Abdullah, Rasulullah Shallalahu'alaihi wa sallam bersabda, ‘Tidaklah seseorang melakukan penimbunan melainkan dia adalah pendosa.” (HR. Muslim).

2.Menjaga Kebersihan Diri

Islam adalah agama yang sangat menjunjung tinggi kebersihan diri, disyari’atkannya berwudhu sebelum melaksanakan ibadah, seperti membaca quraan hingga shalat.

Rasulullah Shallalahu'alaihi wa sallam bersabda,

"Barang siapa berwudhu seperti yang dicontohkan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu, dan perjalanannya menuju masjid dan sholatnya sebagai tambahan pahala baginya." (HR. Muslim)

Oleh karena itu sudah sepatunya setiap muslim saat adanya wabah ini semakin memperdulikan kebersihannya, dengan sering mencuci tangan dan menjaga wudhu selain dapat bernilai ibadah, dapat menjadi cara ampuh untuk mencegah agar tidak terinfeksi Virus Corona.

3.Social Distancing

Social Distancing adalah mengurangi aktivitas di luar rumah, kontak fisik, dan berpergian ke luar kota/negeri. Hal ini bertujuan untuk menghambat penyebaran wabah agar tidak meluas, mengingat Virus Corona sangat mudah untuk menyebar dengan cairan yang berasal dari tubuh melalui batuk atau bersin.

Cairan yang mengandung virus itu kemudian terlempar ke udara dan masuk ke tubuh orang lain saat berdekatan. Selain itu virus juga dapat menempel di benda-benda sekitar.

Berkenaan dengan anjuran Social Distancing, Rasulullah Shallalahu'alaihi wa sallam bersabda. "Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu." (HR Bukhari)

4.Mengikuti Instruksi Pemerintah

Tentunya setiap negara mempunyai kebijakan yang berbeda – beda dalam menyikapi wabah Virus Corona ini.

Tak terkecuali Negara Indonesia, oleh karena itu saat pemerintah menginstruksikan langkah – langkah pencegahan atau mengeluarkan kebijakan untuk mencegah penyebaran Virus Corona maka sebagai seorang muslim hendaknya kita mentaati hal tesebut.

Hal ini ditegaskan oleh Allah Subhanahu Wa ta’la dalam Al – Qur’an

“Hai orang-orang yang beriman, ta’atilah Allah dan ta’atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu.” (QS. An Nisa’ : 59)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

“Seorang muslim wajib mendengar dan taat dalam perkara yang dia sukai atau benci selama tidak diperintahkan untuk bermaksiat. Apabila diperintahkan untuk bermaksiat, maka tidak ada kewajiban mendengar dan taat.” (HR. Bukhari)

5.Berdoa

Saat terjadinya wabah, Rasulullah pernah mengajarkan sebuah doa agar terhindar dari penyakit menular. Diriwayatkan Abu Daud dari Anas bin Malik, berikut doanya :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُونِ وَالْجُذَامِ وَسَيِّئِ الأَسْقَامِ

Artinya: “Ya Allah aku berlindung kepadamu dari penyakit belang, gila dan kusta, serta penyakit lain yang mengerikan.”

Demikian lima tips yang bisa seorang muslim lakukan saat wabah corona melanda, semoga Allah senantiasa menjaga kita dari segala mara bahaya.

Last modified on Monday, 16 March 2020 16:05

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama