Bulan Penuh Berkah, Berikut 9 Amalan di Bulan Syawal

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Bulan Syawal merupakan salah satu bulan terbaik setelah bulan Ramadhan. Amalan pada bulan Ramadhan tidak hanya berakhir di bulan puasa saja namun terus lanjut sampai ke bulan Syawal. Di bulan Syawal inilah seluruh umat Islam diperintahkan untuk semakin meningkatkan amalan dan ibadahnya.

Ada beberapa amalan yang diberikan Allah di bulan Syawal, dan apabila dilakukan, niscaya pahala yang didapat juga sangat besar. Berikut ini beberapa amalan bulan Syawal.

1. Berpuasa selama 6 hari di bulan Syawal

Berpuasa selama enam hari di bulan Syawal sama dengan berpuasa selama satu tahun penuh. Pahala yang didapat sangatlah mulia. Para ulama menganjurkan untuk melakukan berpuasa selama enam hari berturut-turut langsung sesudah hari raya. Namun, puasa Syawal juga dapat dilakukan saat pertengahan atau pada akhir bulan Syawal.

2. I’tikaf

I’tikaf dilakukan dengan cara berdiam diri di dalam masjid sambil melakukan dzikir. Hal ini bertujuan untuk mendekatkan diri pada Allah. I’tikaf biasanya dilakukan pada malam terakhir pada bulan Ramadhan, namun juga bisa di ganti pada saat masuk ke bulan Syawal.

3. Menikah Pada Bulan Syawal

Bulan Syawal dipercayai sebagai bulan yang baik untuk melangsungkan pernikahan. Di bulan ini pula Rasulullah melangsungkan pernikahan dengan istrinya, Aisyah.

4. Mustahab Bertakbir Malam Idul Fitri

Amalan selanjutnya adalah bertakbir pada malam Idul Fitri semenjak matahari tenggelam sampai pada hari akhir bulan Ramadhan sampai datangnya imam pemimpin shalat Id.

5. Shalat Hari Raya, menyantap Kurma, dan melakukan Silahturahmi

6. Meningkatkan Shalat 5 Waktu

7. Melanjutkan Qiyamullail dan Tadarus AlQur’an

8. Memperbanyak Puasa Sunnah

9. Sadaqoh dan Doa Bersama

Dari amalan-amalan di atas, dapat disimpulkan bahwa bulan Syawal merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam. Bahkan ada beberapa julukan istimewa yang melekat dengan bulan Syawal ini, antara lain yaitu:

1. Bulan kembali ke fitrah

Syawal adalah bulan kembalinya umat Islam kepada fitrahnya, diampuni semua dosanya, setelah melakukan ibadah Ramadhan sebulan penuh. Pada tanggal 1 Syawal umat Islamdiharamkan berpuasa.

2. Bulan takbir

Pada tanggal 1 Syawal, seluruh umat Islam di berbagai belahan dunia akan mengumandangkan takbir. Takbir akan terdenger serentak oleh seluruh umat Islam. Takbir akan mulai dikumandangkan begitu malam memasuki tanggal 1 Syawal (malam takbiran), menjelang Shalat Idul Fitri. Ini merupakan bentuk rasa syukur atas keberhasilan ibadah Ramadhan selama sebulan penuh. Pada saat ini ula umat Islam akan memperbanyak dzikir, takbir, tahmid, dan tasbih.

3. Bulan silaturahmi

Pada bulan ini akan terlihat banyak umat Islam yang melakukan silahturahmi atau yang biasa disebut dengan halal bihalal.

4. Bulan ceria

Syawal merupakan bulan dimana banyak umat Islam yang bersuka cita, bersalaman, berpelukan, bertangis bahagia, mengucap syukur yang agung, meminta maaf, dan memaafkan yang bersalah. Ini merupakan bulan yang penuh dengan nuansa ceria.

5. Bulan nikah

Telah dijelaskan di atas bahwa menikah pada bulan Syawal merupakan salah satu sunnah Rasulullah. Hal ini juga merupakan dobarakan kepada tradisi jahiliyah yang menentang untuk menikah pada bulan Syawal.

6. Bulan pembuktian takwa

Inilah makna terpenting di bulan Syawal. Selain untuk membuktikan taqwa umat Islam, di bulan Syawal juga merupakan bulan dimana kualitas dan kuantitas ibadah meningkat.

Sahabat Muslimah, begitu mulianya bulan Syawal yang akan berlangsung sebentar lagi, yaitu setelah bulan Ramadhan. Jangan lupa untuk selalu mengamalkan amalan-amalan yang telah di bahas di atas agar kita bisa memperoleh rahmat dari Allah Ta'ala. Semoga ulasan tersebut bisa memberikan banyak informasi dan bermanfaat untuk Sahabat Muslimah.

Leave a Comment