Ingin Doa Dikabulkan ? Berdoalah Pada Waktu Ini

Muslimahdaily - Sahabat muslimah, berdoa merupakan wujud pendekatan diri kepada Allah. Allah sangat menyukai orang-orang yang meminta atau berdoa kepada-Nya. Ketika menginginkan sesuatu, berdoa kepada Allah adalah cara yang paling tepat. Tapi terkadang, kita bertanya-tanya, kapan doa kita akan dikabulkan? Atau mengapa doa kita belum dikabulkan? Ketahuilah, Allah akan mengabulkan doa setiap hambanya pada waktu yang tepat dan Allah akan memberi apa yang kita butuhkan dari pada apa yang kita inginkan. Sesungguhnya, Allah Maha tahu segalanya.

Nah, sebagai manusia yang perlu kita lakukan adalah untuk tetap berdoa dan mendekatkan diri pada Allah. Tapi tahukah kamu ada waktu-waktu tertentu yang menurut Al-Quran dan Hadits adalah waktu terbaik untuk kita berdoa ? Pada waktu-waktu berikut ini, diyakini doa-doa yang dipanjatkan akan dikabulkan Allah Subhanahu wa Ta'ala Kapan saja, waktu-waktu berdoa itu ?

1. Di antara Adzan dan Iqomah

Ketika adzan berkumandang, kita sebaiknya memang menghentikan segala aktivitas kita untuk bersiap melakukan ibadah sholat. Ada waktu yang paling berkah di mana doa-doa dikabulkan Allah, yakni di antara adzan dan iqomah.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah, "Doa di antara adzan dan iqomah tidak akan ditolak". (HR. Tirmidzi)

Berdoa di antara adzan dan iqomah ini berlaku baik ketika kita sedang berada di dalam masjid maupun tidak. Saat adzan berkumandang, pintu-pintu langit terbuka dan doa-doa dikabulkan. Karena itu, setelah adzan dan sebelum iqomah dikumandangkan, berdoalah drngan hati yang tulus.

2. Di saat hujan deras

Waktu lain di mana Allah akan mengabulkan doa-doa kita adalah ketika hujan turun. Hujan merupakan keberkahan yang diturunkan dari langit untuk bumi dan rahmat Allah yang tercurahkan untuk umat manusia. Pada saat ini, doa-doa tidak akan ditolak dan karena rahmat Allah yang penuh keberkahan itu, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam selalu berdoa saat hujan turun. Beliau berdoa agar hujan yang dianugerahkan menjadi manfaat bagi umatnya. Lalu ketika hujan deras, Nabi berdoa meminta perlindungan Allah agar hujan yang sangat deras tidak menjadi bencana bagi umat dan bumi.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Carilah doa yang mustajab dalam 3 kondisi atau waktu, yakni; ketika dua pasukan telah berhadapan (dalam jihad), antara adzan dan iqomat, dan ketika hujan turun.”

3. Sepertiga malam

Untuk waktu yang satu ini tentu kita sudah sangat sering mendengarnya. Anjuran untuk bangun dan sholat di sepertiga malam bukan tanpa alasan. Di saat yang lain terlelap, malaikat justru turun untuk mengamini doa-doa yang terpanjatkan oleh mereka yang mendirikan sholat malam. Sebagaimana sabda Rasulullah,

"Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni‘”

(HR. Bukhari & Muslim )

4. Setelah sholat wajib

Berdoa setelah sholat wajib adalah waktu yang sangat baik. Hadits menyebutkan waktu setelah sholat wajib ini disebut duburisholah. Sebagian ulama berpendapat jika yang di maksud penghujung sholat adalah sesudah kita membaca tahiyyat akhir dan sebelum mengucapkan salam. Sebagian lainnya mengatakan jika waktu yang dimaksud adalah waktu sesudah sholat.

5. Di saat sujud

Sholat memang ibadah utama yang diperintahkan Allah pada kita sebagai umat muslim. Bersujud adalah waktu di mana kita sangat dekat dengan Allah. Saat inilah, doa-doa yang kita panjatkan akan dikabulkan oleh Allah

Rasulullahu shallallahu 'alaihi wasalla bersabda, "Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu”

(HR. Muslim)

Last modified on Senin, 22 Februari 2016 06:43

Leave a Comment