Tobat, Kunci Rezeki dan Keberkahan

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Makhluk yang lalai, penuh kesalahan dan dosa adalah sebuah cap yang melakat pada manusia. Allah tidak menciptkan manusia seperti malaikat yang suci dan selalu tunduk, manusia diberikan kebebasan untuk bertindak, karena kebebasannya itulah tak jarang manusia terjerumus dalam dalam dosa.

Namun betapapun besarnya dosa yang telah diperbuat manusia, ampunan dan maghfirah Allah selalu lebih besar.

Dalam sebuah hadis Qudsi Allah berfirman :

“Wahai hamba-Ku, sesungguhnya kalian berbuat dosa pada malam dan siang hari, dan aku mengampuni seluruh dosa. Maka, maka minta ampunlah kepada-Ku, niscaya aku ampuni kalian.”

(H.R Muslim)

Salah satu yang menjadi penghalang datangnya rezeki adalah dosa – dosa yang dilakukan, dosa akan membuat hati menjadi mengkarat dan menjadi penghalang atas doa yang dipanjatkan.

Ketika seseorang ingin bertobat, memohon ampun kepada Allah dengan sungguh – sungguh, Insya Allah akan diterima tobatnya, bahkan Allah akan memberikan keberkahan baginya.

“Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu,sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.”

( Q.S Nuh : 10 – 12)

Bagi hamba-Nya yang mensucikan diri, menangis dan memohon ampun atas segala dosa – dosanya, Allah akan menjadikan untuk setiap kesedihannya jalan keluar dan untuk setiap kesempitannya kelapangan.

Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam :

“Barangsiapa yang membaca istighfar ( mohon ampun kepada Allah ), niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya jalan keluar dan untuk setiap kesempitannya kelapangan. Dan Allah akan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka – sangka.”

( HR. an – Nasa’i )

Begitu besarnya keuntungan yang Allah berikan kepada para hambanya yang mensucikan diri dan memohon ampun kepada-Nya. Semoga Allah mememberikan kita kesempatan untuk bertobat dan memasukan kita kedalam golongan hamba-Nya yang mensucikan diri. Amin...

Leave a Comment