Ringan Diucapkan, Ini 5 Dzikir yang Dapat Menghapus Dosa

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Dalam menjalani hidup, manusia memang tak pernah luput dari yang namanya kesalahan atau dosa. Baik yang disadari maupun tidak disadari. Namun ingatlah bahwa selama kita menyesal dan bersungguh-sungguh bertobat, maka Allah Subhanahu wa ta'ala akan mengampuni segala dosa kita.

Dalam kitab suci Al Qur'an, Allah telah banyak menerangkan bahwa ampunannya sangatlah luas. Tertulis dalam beberapa surat, di antaranya QS. az-Zumar ayat 53-54, QS. an-Nisa ayat 110, QS. Al-Maidah ayat 74. 

Allah berfirman, "Tidaklah mereka mengetahui, bahwasanya Allah menerima taubat dari hamba-hamba-Nya?” (QS. at-Taubah: 104).

Sementara kita sebagai hamba, yang dapat dilakukan adalah melakukan berbagai amalan demi gugurnya dosa. Seperti selalu mengingat Allah dengan cara berdzikir. Bisa dilakukan secara lisan maupun diucapkan dari dalam hati. Allah dalam Surat Al-Ahzab ayat 41 secara jelas telah memerintah kan kita untuk senantiasa berzikir.

"Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya."

Berikut ini Muslimahdaily rangkum 5 bacaan dzikir untuk menghapus dosa-dosa, dilansir dari berbagai sumber.

1. Istighfar

Perbanyaklah mengucapkan "astaghfirullahaladzim", maka Allah akan mengampuni dosa Sahabat Muslimah. Bahkan Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam dalam sabdanya menjelaskan seandainya pun dosamu menjulang tinggi hingga ke langit, Allah akan tetap mengampuni dosa mu selama kalian banyak-banyak beristighfar.

"Wahai anak adam seandainya dosamu menjulang tinggi ke langit, lalu engkau banyak istighfar dan banyak memohon ampun kepadaku maka aku ampuni dosa-dosamu." (HR. Tirmidzi).

2. Tahlil

Sahabat muslimah juga bisa mengucapkan 'Lailaha illallahu wahdahu la syarikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'ala kulli syai'in qadir' sebanyak 100 kali dalam sehari.

Sebab, Sahabat Muslimah akan mendapat ganjaran layaknya membebaskan 10 budak, mendapat 100 kebaikan, dan 100 dosa akan dihapus serta ucapan tadi sebagai perisai dari setan pada hari itu hingga menjelang malam. Masya Allah, sungguh luar biasa ganjaran bagi seseorang yang sering mengucap tahlil.

Abu Hurairah Radhiyallahu'anhu meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad bersabda,

"Barangsiapa mengucapkan 'Lailaha illallahu wahdahu la syarikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'ala kulli syai'in qadir' seratus kali akan memperoleh ganjaran sebagaimana membebaskan sepuluh budak, dan seratus kebaikan akan dicatatkan atasnya, dan seratus dosa akan dihapuskan dari catatan amalnya, dan ucapan tadi akan menjadi perisai baginya dari Syaithan pada hari itu hingga malam hari, dan tak ada seorangpun yang bisa mengalahkan amal kebaikannya kecuali orang yang melakukan amal yang lebih baik darinya." (HR. Bukhari).

3. Tasbih

Selanjutnya ada bacaan tasbih yaitu 'Subhanallah'. Berdzikir dengan membaca tasbih sebanyak 100 kali, maka Allah akan memberikan pahala 1000 kebajikan atau dihapuskannya 1000 keburukan.

Rasulullah pun bersabda, "Apakah salah seorang di antara kalian tidak mampu mengusahakan seribu kebajikan setiap hari? Ada di antara sahabat yang hadir bertanya kepada beliau, 'Bagaimana mungkin ada diantara kita yang mampu mengusahakan seribu kebajikan?' Beliau bersabda, 'Ia bertasbih seratus kali, akan dituliskan baginya pahala seribu kebajikan atau dihapuskan darinya seribu keburukan.'" (HR. Muslim).

Masya Allah, bahkan Rasulullah pun juga bersabda barangsiapa yang memiliki dosa sebanyak buih lautan, maka Allah akan menghapusnya apabila ia membaca 'Subhanallahi wabihamdihi' 100 kali dalam sehari.

"Barang siapa membaca 'subhanallahi wabihamdihi' (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya) seratus kali dalam sehari, maka dosanya akan dihapus, meskipun sebanyak buih lautan." (HR. Muslim).

4. Dzikir setelah shalat

Selanjutnya ada dzikir yang bisa Sahabat Muslimah baca setiap selesai shalat. Yaitu bacalah tasbih, hamdalah, takbir dan mengucapkan 'la ilaha illallahu wahdahu la syarikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'ala kulli syai'in qadir' maka Allah juga akan mengampuni dosa-dosanya sekalipun sebanyak buih lautan.

"Barangsiapa mengucapkan tasbih (mengucapkan 'subhanallah') di setiap akhir shalat sebanyak 33 kali, mengucapkan hamdalah (mengucapkan 'alhamdulillah' sebanyak 33 kali, bertakbir (mengucapkan 'Allahu Akbar') sebanyak 33 kali lalu sebagai penyempurna (bilangan) seratus ia mengucapkan 'la ilaha illallahu wahdahu la syarikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'ala kulli syai'in qadir (tiada Tuhan yang berhak disembah dengan haq selain Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala puji dan bagi-Nya kerajaan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu)', maka Aku akan mengampuni dosa-dosanya sekalipun sebanyak buih di lautan." (HR. Muslim).

5. Dzikir sebelum tidur

Sebelum menjelang tidur sahabat muslimah juga bisa membaca dzikir. Pasalnya, amalan tersebut dapat menghapus dosa-dosa bahkan bila dosa kita banyak sekali, hingga diandaikan dengan buih di lautan.

"Apabila seorang dari kalian menuju kasurnya, dan mengucapkan 'la ilaha illallah wahdahu la syarikalahu lahul mulku walahul hamdu wahuwa 'ala kulli syai'in qadir', subhanallah, walhamdulillah, wa la ilaha illallah wallahu akbar', maka Allah ampuni dosa-dosanya meski sebanyak buih lautan di dunia ini." (HR. Ibnu Hibban, Ibnus Sunni).

Namun, perlu diingat bahwa amalan-amalan di atas untuk menghapus dosa-dosa kecil. Apabila melakukan dosa besar Sahabat Muslimah wajib untuk melakukan taubatan nasuha.

Wallahu'alam.

Last modified on Sabtu, 04 Juli 2020 01:02

Leave a Comment