Semut hingga Ikan Paus, 10 Hewan Ini Dijamin Al Qur'an Masuk Surga

Ilustrasi Ilustrasi
Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, pernahkah terlintas suatu pertanyaan tentang bagaimana kehidupan hewan setelah kematiannya? Selain manusia yang beriman dan bertakwa, Allah Subhanahu wa ta'ala sebenarnya juga telah menjamin beberapa hewan menjadi penghuni surga. Kisah hewan-hewan tersebut terjadi pada zaman nabi. Berikut 10 hewan yang Al Qur'an jamin masuk surga:
 
1. Sapi Nabi Musa
 
Kala itu, Nabi Musa memerintahkan Bani Israil untuk mencari sapi dan menyembelihnya. Ciri-ciri sapi tersebut yaitu tidak tua dan tidak muda, kulitnya berwarna kuning tua dan sangat bersih, dan tidak pernah digunakan untuk membajak sawah.
 
Sapi milik anak yatim belia memiliki ciri-ciri yang serupa dan kemudian dibeli dengan harga yang cukup mahal. Setelah menemukannya, Bani Israil membawa sapi itu kepada Nabi Musa. Kemudian disembelihlah sapi tersebut dan sebagian dagingnya dipukulkan pada jenazah fulan oleh Nabi Musa. Masya Allah, jenazah itu kembali hidup dari kematiannya.
 
2. Unta Betina Nabi Shaleh
 
Nabi Shaleh berdoa dan memohon mukjizat kepada Allah ketika kaum Tsamud tak percaya dengan seruannya untuk menyembah kepada Allah. Mukjizat pun datang, atas kehendak Allah keluarlah seekor unta betina yang hamil dari batu yang terbelah.
 
Meskipun telah menyaksikan mukjizat tersebut, beberapa orang masih tetap tak percaya dan dengan sengaja membunuh unta dan anaknya tersebut. Unta tersebut dalam Al Qur'an dijamin masuk surga.
 
3. Anak Sapi Nabi Ibrahim
 
Kisah ini berawal ketika tiga orang datang bertamu ke kediaman Nabi Ibrahim. Meskipun tidak mengenal ketiga tamu tersebut, Nabi Ibrahim tetap menghidangkan anak sapi panggang kepada para tamunya.
 
Namun, tamu tersebut tidak menyentuh makanan sama sekali. Ternyata mereka datang untuk membawa kabar gembira yaitu kehamilan istri Nabi Ibrahim yang sebelumnya tidak bisa mengandung.
 
"Lalu dihidangkannya kepada mereka (tapi mereka tidak mau makan). Ibrahim berkata,  'Mengapa tidak kamu makan?' Maka dia (Ibrahim) merasa takut kepada mereka. Mereka berkata: 'Jangalah kau takut,' dan mereka memberi kabar gembira kepadanya dengan (kelahiran) seorang anak yang alim (Ishaq)," (Adz-Dzariyat: 27-28).
 
4. Kambing Pengganti Nabi Ismail
 
Pastinya kita sudah tak asing lagi dengan kisah yang satu ini. Seekor kambing gemuk yang menggantikan Nabi Ismail ketika akan disembelih oleh sang ayah yaitu Nabi Ibrahim. Kambing tersebut meruapakan hewan yang Allah janjikan masuk Surga.
 
5. Keledai Nabi Uzair
 
Hewan selanjutnya yang dijamin masuk surga adalah keledai milik Nabi Uzair. Alkisah, pada saat itu Nabi Uzair terlelap di bawah pohon yang rindang setelah melakukan perjalanan dengan keledainya. Atas kehendak Allah ternyata Nabi Uzair tertidur selama 100 tahun hingga tubuhnya hancur dan menjadi tanah. Setelah 100 tahun, akhirnya Allah menghidupkan kembali Nabi Uzair dan keledainya.
 
6. Ikan Paus yang Menelan Nabi Yunus
 
Ikan paus yang pernah menelan Nabi Yunus juga dijamin masuk surga. Nabi Yunus berada dalam perut ikan paus selama 40 hari. Selama itu pula, Nabi Yunus selalu meminta ampunan dan bertasbih kepada Allah. Setelah mendengar doa Nabi Yunus, akhirnya Allah memerintahkan ikan paus untuk mengeluarkan Nabi Yunus ke pantai.
 
7. Semut Dalam Kisah Nabi Sulaiman
 
Selain kaya raya, Nabi Sulaiman juga diberi mukjizat yaitu bisa memahami bahasa binatang. Alkisah, pada saat itu Nabi Sulaiman dan pasukannya sedang melakukan perjalanan. Ketika memasuki daerah lembah, Nabi Sulaiman mendengar ucapan raja semut yang takut terinjak oleh rombongannya. Lantas, Nabi Sulaiman memerintahkan pasukannya untuk berhenti sejenak dan membiarkan rombongan semut itu lewat terlebih dahulu.
 
8. Burung Hud-Hud Ratu Balqis
 
Burung Hud-Hud merupakan hewan yang diperintahkan Nabi Sulaiman untuk mengundang Ratu Balqis ke istana. Setelah sampai ke istana, Ratu Balqis merasa takjud dan memutuskan untuk beriman kepada Allah. Sama seperti hewan sebelumnya, burung Hud-Hud juga Allah jamin masuk surga.
 
9. Anjing Ashabul Kahfi
 
Ashabul kahfi merupakan kisah tujuh pemuda dan seekor anjing yang tertidur selama 300 tahun di dalam gua. Dalam Al-Qur'an, anjing tersebut dijamin dan menjadi satu-satunya anjing yang masuk surga.
 
10. Unta Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam
 
Terakhir, ada unta yang bernama Qashwa milik Rasulullah juga dijamin masuk surga. Una tersebut Rasulullah beli dari Abu Bakar As-Sidiqq. Bahkan Qashwa telah menemani dan menjadi tunggangan Rasulullah ketika melakukan perjalanan dari Mekkah ke Madinah.
 
Masya Allah, itulah 10 hewan yang dijamin Al Qur'an masuk surga.  Wallahu a'lam.
 
Sumber: Dalam Islam.

Leave a Comment