Segera Laksanakan! Inilah 5 Perkara yang Tidak Boleh Ditunda

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Saat hidup di dunia, Allah memberikan hamba-Nya banyak kesempatan untuk melakukan amal saleh. Mulai dari berbuat baik kepada kedua orang tua, bersedekah, menyayangi anak yatim, dan banyak ibadah lainnya.

Beberapa amal saleh tersebut tentu bisa kita lakukan selama masih ada kesempatan sebelum ajal datang. Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa perkara yang harus disegerakan pelaksanaannya di dunia.

Sebagaimana Riwayat dari Hatim Al-Asham, dia berkata:

“Tergesa-gesa itu dari setan, selain dalam lima tempat, maka sesungguhnya tergesa-gesa dalam hal itu termasuk sunnah Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam, yaitu: Memberi makan kepada tamu, jika menginap; mengurusi mayat orang yang mati; mengawinkan anak perempuan jika telah baligh; membayar utang jika telah jatuh tempo pembayarannya; dan tobat dari dos ajika terlanjur mengerjakannya.”

Berikut penjelasan 5 perkara tersebut dikutip dari kitab Nashaihul Ibad karya Syekh Muhammad Nawawi Ibnu Umar Al-Jawi:

1. Memberi makan kepada tamu

Abu Hurairah mengatakan, bahwa sesunggunya Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang memberi makan kepada saudaranya yang muslim dengan makanan seleranya, maka Allah mengharamkan dia ke neraka.”

Hadist lainnya diriwayatkan dari Abdulullah bin Amr bin Al-Ash bahwa sesungguhnya Rasulullah bersabda,

“Barangsiapa yang memberi roti saudaranya yang muslim hingga merasa kenyang dan memberi air hingga merasa segar, maka dijauhkan dari neraka yang jarak antara keduanya tujuh parit, jarak tiap parit ke parit yang lain adalah perjalanan tujuh ratus tahun.” (HR. An-Nasai, Ath Thabrani, Al-Hakim dan Al-Baihaqi).

2. Menikahkan anak saat sudah baligh

Dari Aisyah, bahwa sesungguhnya Rasulullah bersabda,

“Barangsiapa menikahkan anak perempuannya, maka Allah memakaikan mahkota kepadanya dengan mahkota raja-raja.” (HR. Ibnu Syahin).

3. Mengurus jenazah

Mengurus dalam hal ini adalah mulai dari memandikan, mengafani, menyalati dan menguburkan jenazah segera mungkin. Sebagaimana Nabi Muhammad bersabda,

“Sesungguhnya imbalan orang mukmin yang diberikan pertama kali setelah ia mati, ialah diampuninya dosa seluruh orang yang mengantarkan jenazahnya.” (HR. Al-Baihaqi).

Dalam hadist lain diriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda,

“Apabila seorang warga surga meninggal dunia, maka Allah merasa malu menyiksa orang yang memikul jenazahnya, orang yang mengantarkan jenazahnya dan orang yang menyalatinya.” (HR. Ad-Dailami).

4. Bertaubat

Diriwayatkan oleh Ibnu Umar, beliau menyatakan bahwa ia sempat menghitung bahwa dalam satu majelis, Rasulullah mengucapkan seratus kali sebagai berikut:

“Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Tuhan Yang Maha Menerima taubat dan Maha Pengampun.” (HR. Imam Ahmad, At-Tirmidzi dan Abu Dawud).

5. Membayar utang

Salah satu hal yang harus segera dilakukan oleh seorang muslim adalah membayar utang. Sebagaimana hadist berikut mengatakan bahwa jika seseorang tidak mau melunasi utangnya, makai akan bertemu dengan Allah dengan status sebagai pencuri.

“Siapa saja yang berhutang lalu berniat tidak mau melunasinya, maka dia akan bertemu Allah (pada hari kiamat) dalam status sebagai pencuri.” (HR. Ibnu Majah)

Wallahu a’lam, semoga kita termasuk orang-orang yang bisa melakukan 5 perkara tersebut sebelum tiba ajal. Aamiin.

 

Leave a Comment