5 Penyakit Hati yang Sering Terjadi Namun Jarang Disadari

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Pada dasarnya manusia memang diciptakan tidak sempurna, penuh dengan dosa dan kelalaian. Seringkali dosa datang dari seluruh anggota badan kita, bahkan dari tempat yang tersembunyi sekalipun.

Salah satunya adalah hati, banyak menyimpan penyakit yang secara tak sadar kita lakukan. Seperti hal berikut, 5 penyakit hati yang sering terjadi namun jarang disadari:

1. Mencintai pujian orang lain

Sebagai manusia biasa, kita pasti senang tatkala ada seseorang yang memberikan pujian. Namun, rasa senang dan mencintai pujian dari orang lain nyatanya akan berbahaya jika sudah berlebihan. Biasanya kita akan lupa dengan kelemahan diri yang menjadikan pribadi sombong.

Rasa ini timbul perlahan disebabkan oleh beberapa hal. Seperti rasa bangga dengan kesempurnaan yang ada dalam diri, dan menginginkan orang lain mengetahuinya, memiliki ambisi untuk menguasai hati pemujanya dan kecintaan terhadap dunia. Maka pada poin yang terakhirlah semuanya bermuara.

Rasulullah bersabda, "Mencintai dunia adalah sumber kesalahan."

2. Membatalkan janji tanpa persetujuan

Dalam pekerjaan atau pertemanan, seringkali kita menemui orang yang sudah melakukan janji namun tiba-tiba membatalkan secara sepihak tanpa persetujuan. Tentu dengan alasan yang tidak jelas, bukan karena sakit atau penyebab lain yang bisa dipahami keduanya.

Sikap tersebut tentu sangat tidak diperbolehkan untuk dimiliki orang mukmin. Pertama, secara materi sikap itu akan merugikan orang lain, terutama jika ia membawahi orang lain. Akan banyak orang yang dirugikan. Kedua, secara moral, sikap seperti itu akan menghilangkan kepercayaan orang lain. Ketiga, pelakunya akan dikenal sebagai tukang membatalkan janji (ghadir), baik di dunia maupun di akhirat.

Rasulullah bersabda,

"Setiap orang yang suka membatalkan janjinya pada hari kiamat akan memikul bendera di bagian belakangnya (sebagai tanda atas perbuatannya di dunia) yang akan ditinggikan sesuai dengan kadar pembatalannya." (HR. Muslim).

3. Gengsi (Waqahah)

Waqahah adalah menjauhi suatu aturan agama dengan tidak mau melakukannya karena mengkhawatirkan harga diri atau martabatnya jatuh. Penyakit hati waqahah ini juga bisa terjadi saat seseorang merasa malu berjalan dengan orang fakir, membantu kesulitannya, atau melakukan pekerjaan yang dianggap rendah oleh manusia.

Penyakit ini biasanya akan mengakibatkan kemaksiatan yang cenderung pada kekufuran. Sifat ini biasanya dibarengi dengan keraguan terhadap kebenaran Islam dan pengagungan terhadap jalan yang sesat.

4. Kepala batu (Inad)

Penyakit hati ini biasanya timbul akibat dari penolakan terhadap kebenaran dan nasihat yang datang kepada seseorang. Disisi lain sebenarnya ia mengetahui dan mengakui kebenarannya, namun enggan menerimanya.

Orang yang beriman akan menerima kebenaran dari mana dan dari siapapun datangnya. Karena di antara hikmah keimanan adalah adanya pengakuan dan menerima yang direalisasikan dalam amal saleh.

Sikap Inad ini biasanya muncul akibat takabur dan riya, meras lebih dari orang lain. Selain itu, ia juga timbul akibat rasa dendam kepada pembawa kebenaran, hasud dan tamak. Jika seseorang memiliki sifat ini, maka akibat buruknya adalah kekufuran dan kerusakan dimanapun ia berada. Biasanya dia akan menjadi orang yang penentang.

5. Berpikir Sempit (Baladah)

Baladah merupakan penyakit yang timbul akibat sempitnya pemikiran seseorang untuk menemukan kebaikan di antara keburukan, atau memperoleh manfaat di antara keburukan.

Orang yang berpikiran sempit akan sulit melihat kebaikan di tengah musibah yang tengah menimpanya. Ia juga cenderung akan sellau melihat sisi buruk orang lain dan mengarah kepada suudzhon atau selalu berprasangka buruk. Tentu hal ini sangat tidak disukai oleh Allah.

Semoga Allah selalu menjaga kita dan memberikan hidayah serta taufiknya sehingga terhindar dari lima macam penyakit hati tersebut.

Wallahu a'lam.

Sumber buku: 60 Penyakit Hati - Uwes Al-Qarni

 

Last modified on Minggu, 16 Agustus 2020 20:07

Leave a Comment