Masya Allah! Ini Balasan untuk Orang-orang yang Bersyukur

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah mungkin pernah merasa jenuh dengan kondisi keuangan yang tidak seberapa. Atau karena sakit yang tak kunjung usai. Atau juga iri dengan kondisi fisik yang tak kalah cantik dengan wanita lain. Atau mungkin saja mengalami musibah yang teramat menyedihkan. Jika pernah, maka bisa jadi kita tengah kufur atas nikmat yang Allah Ta’ala berikan.

Sama halnya dengan ujian-ujian lain, Allah menurunkan rasa kufur dan iri tersebut bersamaan dengan penawarnya, yakni bersyukur. Dengan bersyukur dan menerima takdir yang telah Allah turunkan atas kita, hati dan pikiran dapat sedikit menjadi lebih tenang.

Selain itu, Allah telah menjanjikan banyak ganjaran bagi mereka yang senantias bersyukur.

1. Ditambahkan Nikmatnya

Mereka yang selalu bersyukur atas apapun yang Allah kehendaki atasnya, maka akan ditambahkan nikmatnya. Sementara ingkar pada nikmat justu menjadi penyebab hilangnya kenikmatan itu sendiri.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim: 7).

Di samping itu, nikmat Allah bukan hanya seputar harta dan penampilan, namun juga dapat berupa dihindari dari marabahaya, penyakit fisik maupun psikis, mendapat perlindungan dari gangguan manusia, jin serta binatang. Bahkan juga termasuk perlindungan dari kekufuran, kemusyrikan, dan bid’ah.

2. Dilipatgandakan pahalanya

Bukan cuma nikmatnya, Allah juga akan menambah pahala orang-orang yang senantiasa bersyukur dengan kondisi yang mereka alami.

Rasulullah bersabda,

“Orang yang menyantap makanan dengan rasa syukur, maka dia diberi pahala, seperti orang yang berpuasa menjaga dirinya. Orang yang sehat yang mensyukuri kesehatannya, maka dia diberi pahala, orang yang menanggung penderitaan (jasmani)-nya dengan sabar. Dan orang yang memberikan dengan rasa syukur, maka dia mendapat pahala yang sama dengan orang yang menanggung kerugian dari menjaga diri”. (H.R Abu Hurairah dan al-Qudha’i)

3. Diampuni dosa-dosanya

Tak hanya ditambahkan nikmatnya, orang-orang yang bersyukur juga akan diampuni dosa-dosanya.

Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda,

“Allah Subhanahu wa ta’ala tidak memberi suatu nikmat kepada seorang hamba kemudian ia mengucapkan Alhamdulillah, kecuali Allah Subhanahu wa ta’ala menilai ia telah mensyukuri nikmat itu. Apabila dia mengucapkan Alhamdulillah yang kedua, maka Allah SWT akan memberinya pahala yang baru lagi. Apabila dia mengucapkan Alhamdulillah untuk yang ketiga kalinya, maka Allah SWT mengampuni dosa-dosanya.” (HR. Hakim dan Baihaqi)

4. Disayang oleh Allah

Rasulullah bersabda, “Jika engkau tidak mampu membalasnya maka doakan dia hingga engkau merasa bahwa engkau telah mensyukuri kebaikan tersebut, karena sesungguhnya Allah Subhanahu wa ta’ala sangat cinta kepada orang-orang yang bersyukur.” (HR. Abu Dawud).

Itu tadi beberapa ganjaran yang Allah janjikan bagi orang-orang yang bersyukur. Tentu ganjaran yang besar sepadan dengan beratnya ibadah itu dilakukan. Allah berfiman,

“Sangat sedikit sekali di antara hamba-Ku yang mau bersyukur.” (QS. Saba’: 13).

Walau sulit, hendaknya kita selalu berusaha bersyukur dengan kondisi yang ditakdirnya kepada kita. Ketahuilah bahwa nikmat Allah sangatlah banyak dan tak terhitung jumlahnya. Jangan sampai karena banyaknya nikmat tersebut, kita jadi menganggap enteng dan berakhir kufur.

Nabiyullah bersabda, “Sesungguhnya nikmat itu liar, seperti liarnya binatang buas, maka ikatlah nikmat itu dengan bersyukur.” (HR. Bukhari).

Semoga kita termasu ke dalam golongan hamba-Nya yang senantias bersyukur. Aamiin Aamiin ya Robbal Alamin.

Last modified on Minggu, 20 September 2020 11:37

Leave a Comment