Agar Allah Membuka Pintu Pertolongan bagi Masalah Kita

Aa Gym Aa Gym ( Foto: Youutbe/AAgym Official )

Muslimahdaily - Ketika musibah menghampiri, kepada siapa lagi kita mengadu kalau bukan kepada Allah Ta’ala. Sebab, tak ada yang lebih pantas untuk dimintai pertolongan selain Allah Azza wa jalla.

Namun, bagaimana caranya agar Allah membukakan pintu pertolongan untuk kita? Aa Gym dalam video berjudul "Menyelesaikan Masalah dengan Pertolongan Alloh" yang diunggah di Chanel Youtube Aagym Official mengatakan bahwa caranya adalah dengan mengingat dosa dan maksiat yang pernah kita lakukan, karena hal tersebut sudah jelas ada. Oleh sebab itulah kita diminta bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah Ta'ala.

Taubat yang paling mudah dilakukan adalah dengan beristigfar. Saat beristigfar, kita merintih dan mengaku akan dosa yang telah diperbuat. Dengan begitu, kita dapat menyadari dan merenungkannya. Hal tersebutlah yang membuat Allah berbelas kasih kepada hamba-Nya.

Seperti sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam,

“Barang siapa memperbanyak istigfar maka Allah Swt akan menghapus kedukaannya, menyelesaikan segala masalahnya dan memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka.” (Riwayat Ahmad, Abu Daud, an-Nasa’I, Ibnu Majah dan al-Hakim).

“Dan taubat atas dosa itu seperti mengikis kaca mobil, sehingga bisa tampak keluar," ucap Aa Gym dalam ceramahnya.

Selain itu, Aa Gym juga mengingatkan untuk menjaga adab sesama manusia. Seperti adab berbicara dengan santun kepada sesama terutama kepada orang yang lebih tua. Sebab, alat ukur keimanan seseorang di antaranya adalah akhlak kepada yang lebih tua.

Jadi, jangan sampai pangkat, jabatan dan kesuksesan membuat diri ini menjadi sombong. Satu hal yang perlu diingat, bahwa sesuatu yang tidak bisa kita kejar dari orang yang lebih tua adalah amalannya.

Jadi, berbuat baiklah kepada semua orang, terutama kepada orang-orang yang lemah. Dengan membantu fakir miskin, membuat senang orang tua dan menghargai orang yang tidak mampu. Seperti sabda Rasulullah,

“Tidaklah kamu diberi pertolongan dan diberi rezeki melainkan karena orang-orang lemah di kalangan kamu.” (HR. Bukhari).

Wallahu 'alam.

Last modified on Selasa, 20 Oktober 2020 14:44

Leave a Comment