Naudzubillah, Inilah Dahsyatnya 7 Keburukan dari Sifat Hasad

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Media sosial nampaknya kini telah menjadi salah satu wadah untuk membagikan momen dan berbagi informasi. Momen yang seringkali dibagikan adalah berupa kebahagiaan, pencapaian hingga kemewahan mereka. Sebagai orang yang normal, melihat hal tersebut tentu kita akan merasakan kebahagiaan yang sama. Tetapi tidak bagi mereka yang memiliki hasad di dalam jiwanya.

Hasad merupakan sikap tidak suka dengan nikmat Allah yang telah diberikan kepada orang lain. Bisa disertai dengan harapan nikmat tersebut hilang darinya ataupun tetap ada. Saat orang yang memiliki hasad di dalam dirinya, kemudian dia melihat kebahagiaan orang lain, maka ia akan sulit untuk berbahagia juga, justru yang timbul adalah perasaan iri, mencari keburukan orang tersebut dan upaya tak baik lainnya.

Padahal pada dasarnya, orang yang memiliki hasad itu sungguh sangat tidak beruntung. Akan banyak keburukan yang terjadi padanya dan orang lain, berikut 7 di antaranya:

Pertama, Orang yang memiliki hasad dalam hatinya akan merasakan kesengsaraan batin. Hal ini disebabkan oleh kemarahan dan penyesalan yang muncul dalam hatinya setiap kali melihat nikmat Allah pada orang lain. Semakin banyak melihat, maka ia akan semakin sedih dan sempit dadanya. Sungguh dia sangat merugi.

Kedua, Hasad sangat bertentangan dengan kesempurnaan iman, sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Salah seorang di antara kalian tidaklah akan beriman dengan sempurna hingga menginginkan untuk saudaranya hal-hal yang dia inginkan untuk dirinya sendiri.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Maksud dari hadist tersebut adalah, keimanan seseorang dikatakan sempurna apabila ia bersedih saat melihat hilangnya nikmat Allah pada saudarnya. Dikatakan sempurna apabila ia telah menginginkan untuk saudaranya sebagiamana yang ia inginkan untuk dirinya sendiri.

Ketiga, Hasad membuat seseorang membenci takdir Allah. Bagaiamana tidak, ia sangat tak suka dengan kenikmatan yang Allah berikan kepada orang lain. Padahal itu adalah sebuah takdir yang telah ditetapkan oleh Allah.

Keempat, Ketika seseorang memiliki hasad di dalam hatinya, maka ia akan berfokus pada nikmat orang lain dan terus mengeluhkan nikmat yang telah Allah berikan pada dirinya sendiri. Ia pun akhirnya terlena dan lupa berdoa serta bersyukur kepada Allah.

Kelima, Hasad akan melahap habis kebaikan-kebaikan seperti api yang membakar kayu sampai habis. Karena orang yang hasad biasanya dia akan mengumbar kejelekan-kejelekan orang yang dia suka, mengajak orang lain untuk membencinya atau bahkan merendahkan kehormatannya. Tentu hal-hal ini masuk pada dosa besar yang akan menghapus pahala kebaikan. Betapa ruginya dia.

Keenam, Orang yang hasad pada umumnya akan menzalimi orang lain yang dia benci. Maka ketika itu orang yang dia benci akan mengambil kebaikan yang ada pada dirinya. Jika dia sudah tidak punya kebaikan, maka kejelekan orang yang dia benci akan diberikan kepadanya, kemudian dia pun dilemparkan masuk neraka.

Ketujuh, Hasad adalah perbuatan percuma. Karena sebesar apapun kebencian dan kedengkian pada orang lain, hal itu tidak akan menghilangkat nikmat Allah yang telah ditetapkan pada seseorang. Maka hasad akan jadi percuma dan benar-benar tak ada manfaatnya.

Itulah 7 bahaya dari sifat hasad. Jika mungkin pernah terbesit di hati kita sifat hasad ini, maka segeralah bertaubat kepada Allah. Karena sesungguhnya Allah Maha Pemaaf.

Semoga Allah akan selalu menjaga hati kita dari berbagai macam penyakit dan meridhoi segala perbuatan kita. Aamiin.

Sumber: Muslim or id - Bahaya Hasad

Leave a Comment