Wanita Akan Rugi Jika Menolak Lamaran Laki-laki Ini

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Istimewa )

Muslimahdaily - Jodoh merupakan rahasia Allah yang tidak ada satu pun yang mengetahuinya. Untuk mendapatkan jodoh yang terbaik, sebagai manusia diminta untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri serta senantiasa berdoa pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Jika sudah pada saatnya, seorang lelaki akan datang untuk melamarmu. Sebelum itu, kamu harus tahu pria yang bagaimana yang baik untuk dirimu. Seperti apakah kriteria pria terbaik dalam Islam? Para muslimah akan rugi jika menolak laki-laki seperti berikut ini:

1. Beriman pada Allah

Sebaik-baiknya pria adalah yang beriman pada Allah. Kriteria Islam merupakan kriteria utama dalam mencari jodoh. Dalam Al-Qur'an, Allah telah berfirman,

"Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita Mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang Mukmin lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke Surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran."
(QS. Al Baqarah: 221)

Rasulullah pun bersabda bahwa memilih jodoh memang perlu juga melihat hartanya, keturunannya, dan juga parasnya. Namun semua akan sia-sia jika tak baik agamanya.

2. Berakhlak baik

Hai para muslimah, kamu akan rugi jika menolak lamaran dari laki-laki yang memiliki akhlak yang baik. Akhlak yang baik adalah pondasi kuat yang dibutuhkan dalam kehidupan berumah tangga. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

"Apabila kamu sekalian didatangi oleh seseorang yang beragama dan akhlaknya kamu ridhai maka kawinkanlah ia. Jika kamu sekalian tidak melaksanakannya maka akan terjadi fitnah di muka bumi ini dan tersebarlah kerusakan." (HR. At Tirmidzi)

Hadits lain pun menyebutkan,

"Yang paling sempurna imannya di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya. Dan yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik kepada istri-istrinya." (HR. Tirmidzi)

3. Bertaqwa

Kriteria laki-laki yang akan kamu sesali jika menolak lamarannya adalah datang dari laki-laki yang bertaqwa. Mereka yang bertaqwa pada Allah adalah para laki-laki yang shalih yang mengerti agama, menjalankannya sehingga mengetahui bagaimana cara memperlakukan istri dengan baik.

Dalam sebuah riwayat diceritakan, Hasan bin Ali pernah berkata pada seorang laki-laki, "Kawinkanlah puterimu dengan laki-laki yang bertakwa sebab jika laki-laki itu mencintainya maka dia akan memuliakannya, dan jika tidak menyukainya maka dia tidak akan mendzaliminya."

4. Mereka yang menjaga pandangannya

Jika ada laki-laki yang datang pada kamu dan dia adalah seseorang yang menjaga pandangannya, maka kamu patut untuk mempertimbangkan hal tersebut. Seperti yang selalu kita dengar, 3 hal yang menjadi godaan terbesar kaum pria adalah tahta, harta, dan wanita. Dalam Al-Qur'an pun telah dikatakan,

"Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat." (An-Nur: 30)

Mereka yang bisa menjaga pandangannya biasanya langsung akan malamar untuk menjadikan kamu istri dan bukan sekedar mengajak pacaran. Sebuah hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim menyebutkan,

"Janganlah seorang laki-laki berdua-duaan dengan wanita kecuali bersama mahramnya." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

5. Mereka yang bisa menahan hawa nafsunya

Sebagai seorang manusia beriman, sudah wajib hukumnya untuk bisa menahan hawa nafsu. Laki-laki yang pandai menjaga hawa nafsunya insya Allah adalah laki-laki yang sabar dan bijak dalam segala kondisi.

"Tidak beriman seseorang dari kamu sehingga ia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa (ajaran Islam)” (HR. Hakim)

Alangkah beruntung bila ada seseorang yang melamar membawa kriteria-kriteria seperti di atas. Akan lebih baik lagi bila lamaran itu diterima, karena kamu akan sangat rugi bila sampai menolak pria tersebut.

Last modified on Selasa, 10 Mei 2016 07:04

Leave a Comment