Waspadalah! Ini 5 Tempat Tinggal Jin di Sekitarmu

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Jin merupakan salah satu makhluk Allah yang harus kita percayai keberadaannya. Alam jin merupakan alam tersendiri, yang bukan alam manusia dan bukan pula alam malaikat. Dari bentuk fisiknya, pandangan mata manusia tidak akan bisa melihatnya. Itulah sebabnya mereka dinamakan jin, dikarenakan ketertutupan (ijtinan) fisiknya dari pandangan mata manusia.

Di dalam Al Qur`an, Allah berfirman, "…… Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka…… " (QS. Al-A‘raf : 27).

Meski mereka ada di alam yang berbeda, namun terdapat beberapa hadist Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang menerangkan bahwa terdapat beberapa tempat-tempat di dunia yang dijadikan tempat tinggal jin, berikut 5 di antaranya:

Pasar

Salah satu tempat jin bersarang adalah pasar atau pusat perbelanjaan. Maka tak jarang mungkin kita akan merasa lapar mata saat berada disana. Membeli sesuatu yang tak begitu penting, tergoda dengan barang-barang lucu bahkan tak sadar uang kita bisa habis seketika selama di dalam mall.

"Janganlah kalian menjadikan tempat pertama yang dimasuki adalah pasar, jangan pula tempat terakhir untuk keluar karena pasar adalah markasnya setan dan di sana ia tancapkan benderanya.” (HR. Muslim no. 2451).

Oleh karena itu, Rasulullah menganjurkan kita untuk membaca doa ini sebelum masuk ke dalam pasar untuk terhindar dari godaan jin dan syaitan yang terkutuk.

لا إِلَه إِلَّا اللَّه وَحْده لا شَرِيك لَهُ، لَهُ الْمُلْك وَلَهُ الْحَمْد، يُحْيِي وَيُمِيتُ، وَهُوَ حَيّ لا يَمُوت، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلّ شَيْء قَدِير

"La ilaha illallahu wahdahu la syarikalahu, lahul-mulku wa lahul-hamdu yuhyi wa yumitu wa huwa hayyun laa yamutu biyadihil-khairu wa huwa ala kulli syai-in qadiir."

Artinya: "Tiada Tuhan selain Allah, Yang Mahaesa, tiada sekutu bagiNya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya pujian. Dialah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan, Dialah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu." (HR. Imam Tirmidzi dan Imam Al-Hakim).

Lubang-lubang

Tempat lainnya yang menjadi sarang jin adalah lubang-lubang. Oleh karena itu kita tidak diperbolehkan untuk membuang sesuatu sembarang di lubang. Seperti got, lubang pencuci piring juga. Hati-hati ya Sahabat Muslimah jika ingin buang air panas ke lubang pencuci piring.

“Dari Abdullah bin Sarjas, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Janganlah seseorang di antara kalian kencing di lubang”. Mereka bertanya kepada Qatadah: “Mengapa tidak boleh kencing di lubang?” Qatadah menjawab: “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan karena lubang itu adalah tempat tinggalnya golongan jin” (HR. Abu Dawud, Nasai dan Ahmad).

Kandang Unta

Selanjutnya adalah kandang unta, Rasulullah bahkan melarang kita untuk shalat di dalamnya karena terdapat syaitan yang bisa mengganggu kekhusyuan shalat.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Janganlah kalian shalat di kandang-kandang unta karena di sana terdapat syaithan, shalatlah di kandang domba karena dia itu membawa berkah” (HR. Muslim, Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Kamar Mandi

Tempat yang sudah pasti dihuni oleh jin adalah kamar mandi, oleh karena itu kita dianjurkan untuk membaca doa saat masuk dan keluar kamar mandi. Juga menggunakan kaki kiri ketika masuk. Dengan begitu sebaiknya Sahabat Muslimah tidak berlama-lama di dalam kamar mandi ya.

Dari Zaid bin Arqam, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya toilet-toilet itu dihuni oleh Jin. Oleh karena itu, apabila seseorang di antara kalian masuk WC, maka katakanlah: Allahumma inni audzubika minal khubutsi wal khabaits (Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari gangguan jin laki-laki dan jin perempuan” (HR. Abu Dawud, Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad).

Hanya saja, jin yang tinggal di tempat-tempat kotor seperti WC itu hanyalah jin kafir. Adapun jin muslim mereka tinggal di tempat-tempat bersih dan wangi

Atap Rumah

Terakhir, jin juga tinggal di atap rumah. Namun, jin yang tinggal di atas rumah orang-orang beriman adalah jin muslim, sebagaimana hadist berikut.

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Tidak ada satu rumah orang muslim pun kecuali di atap rumahnya terdapat jin muslim. Apabila ia menghidangkan makanan pagi, mereka (jin) pun ikut makan pagi bersama mereka. Apabila makan sore dihidangkan, mereka (jin) juga ikut makan sore bersama orang-orang muslim. Hanya saja, Allah menjaga dan menghalangi orang-orang muslim itu dari gangguan jin-jin tersebut” (HR. Abu Bakar sebagaimana ditulis oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari).

Wallahu a'lam, semoga bermanfaat ya Sahabat Muslimah.

Leave a Comment