Amalkan Doa Ini Agar Mendapatkan Rezeki yang Halal dan Berkah

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sebagai seorang muslim, tentunya kita menginginkan rezeki yang halal dan berkah. Yang mana rezeki tersebut dapat kita pergunakan untuk bersedekah, membayar zakat, memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga untuk berjihad di jalan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Islam sudah mengajarkan kepada kita cara untuk mendapatkan rezeki yang halal dan berkah. Alangkah baiknya, sebuah proses dan usaha dalam menjemput rezeki diiringi juga dengan doa. Hal tersebut bertujuan agar Allah selalu mengiringi langkah kita dalam menjemput rezeki yang baik. Berikut doa yang dapat Sahabat Muslimah amalkan.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam selalu membaca doa ini selepas shalat subuh.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad).

Selain itu, kamu juga dapat mengamalan doa di bawah ini,

اَللّٰهُمَّ اَكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummakfini bihalalika 'an haramik wa aghnini bifadhlika amman siwak.

Artinya: “Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.” (HR. Ahmad).

Do’a dari hadits ‘Ali ini juga pernah diajarkan Rasulullah, berikut doanya.

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi)

Semoga dengan mengamalkan doa-doa tersebut, Allah senantiasa menjaga rezeki kita dari hal-hal buruk. Dengan begitu, kehidupan yang tercipta pun akan tentram dan penuh keberkahan.

Wallahu 'alam.

Leave a Comment