Lakukan 5 Amalan Ini Untuk Mendulang Rezeki Penuh Berkah

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Allah Subhanhu Wa Ta’ala adalah Yang Maha Kaya yang bisa mendatangkan kepada rezeki siapa pun, kapan pun, dan dari mana pun asalanya, bahkan dengan cara yang tak pernah diduga oleh manusia sekali pun. Sayangnya, kufur nikmat sering kali dilakukan para hamba-Nya sehingga tak pernah merasa cukup dengan apa yang dikaruniakan Allah padanya. 

Jika dirasa rezeki sedang mampet, lakukanlah 5 amalan ini, Insya Allah, akan mendulang rezeki yang melimpah dan berkah.

1. Perbanyak Istighfar
Memperbanyak istighfar adalah amalan utama yang bisa mendulang rezeki kita. Dengan beristighfar sebanyak-banyaknya, Allah akan membukakan pintu rezeki sebagaimana yang tertuang dalam Al-Quran dan Hadits berikut.

“Mohonlah ampun kepada Rabb kalian, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat (melimpah ruah membawa kebaikan), dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai (yang penuh dengan kebaikan dan manfaat)," (An-Nuh: 10-12).

"Barang siapa memperbanyak istighfar, maka Allah Subhanhu Wa Ta’ala akan menghapuskan segala kedukaannya, menyelesaikan segala masalahnya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka," (HR. Ahmad).

2. Berbakti pada Orang Tua
Birrulwalidayn atau berbakti kepada kedua orang tua merupakan amalan yang selalu melancarkan segala hal, karena ridho Allah berada dalam ridho orang tua. Begitu juga dengan kemurkaan Allah yang ada di dalam kemurkaan orang tua. 

"Apabila hamba itu meninggalkan berdoa kepada kedua orang tuanya, niscaya terputuslah rezeki daripadanya,"
(HR. Al Hakim dan Ad Dailami).

3. Bersedekah
Bersedekah adalah salah satu cara untuk menunjukkan rasa syukur atas nikmat Allah. Sebagaimana dalam Al-Qur'an,

"Apabila kamu bersyukur, maka akan kutambah nikmatmu. Dan apabila kamu mengingkarinya, maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih," (Ibrahim: 8)

Rasulullah pun bersabda,

"Hai Zubair, ketahuilah bahwa kunci rezeki hamba itu ditentang Arsy, yang dikirim oleh Allah Azza Wajalla kepada setiap hamba sekadar nafkahnya. Maka siapa yang memperbanyak pemberian kepada orang lain, niscaya Allah memperbanyakkan juga baginya. Dan siapa yang menyedikitkan, niscaya Allah menyedikitkan baginya."
(HR. Ad Daruquthni dari Anas Radhiyallahu ‘Anhu).

4. Shalat Dhuha
Shalat Dhuha juga menjadi amalan yang dibutuhkan untuk mendulang rezeki. Dalam doa Shalat Dhuha terdapat banyak sekali kalimat-kalimat yang bisa mengguncangkan semesta untuk membuka pintu rezeki.

"Ya Allah, jika rezekiku berada di langit maka turunkanlah, jika di dalam bumi maka keluarkanlah, jika sulit maka mudahkanlah, jika haram maka sucikanlah, jika jauh maka dekatkanlah,"

Dalam Hadits Qudsi pun disebutkan,

"Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada permulaan siang (shalat dhuha), nanti pasti akan Aku cukupkan keperluanmu pada petang harinya."(HR. Al Hakim dan Thabrani).

5. Menjalin Silaturrahim
Amalan untuk mendulang rezeki lainnya adalah dengan menjalin silaturrahim, terutama dengan mereka yang sudah terputus. Dalam hadits diriwayatkan, Rasulullah Shallallahu ‘Allaihi Wasallam bersabda,

"Barang siapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan dilapangkan rezekinya maka hendaklah ia menyambung tali silaturrahim."

Terakhir dan yang terpenting adalah bersyukur atas segala rezeki yang telah diberikan oleh Allah. Sungguh merugi seseorang yang selalu meminta namun sulit untuk berterima kasih.