7 Dosa yang Dapat Menghalangi Kita Bertemu dengan Jodoh

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Hampir tiap muslim mendambakan kehidupan pernikahan. Pasalnya, menikah bukan soal menyatunya dua insan, melainkan ibadah yang begitu besar pahalanya. Allah bahkan telah menyiapkan ganjaran yang tak tehingga bagi mereka yang dapat membuat rumah tangganya berlandaskan pada nilai-nilai Islami.

Menikah dan jodoh sama halnya dengan rezeki. Nilainya bisa berbeda-beda pada tiap insan. Begitu juga dengan waktu datangnya. Jika sudah mengupayakan berbagai ikhtiar, ada baiknya kita juga introspeksi diri. Bisa jadi terhalangnya jodoh kita dikarenakan dosa dan perbuatan yang tak kita sadari.

Berikut beberapa hal penyebab terhalangnya jodoh menurut Islam.

1. Syirik

Saking tak sabarnya bertemu dengan jodoh, banyak orang yang akhirnya memilih mendatangi dukun dan orang pintar. Mereka berusaha tampil semenarik mungkin dengan tujuan agar jodoh segera datang. Padahal yang mereka lakukan tersebut termasuk dalam perilaku syirik yang sangat dibenci Allah.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar.” (QS. An-Nisa: 48).

2. Mendekati zina

Salah satu perbuatan lain yang bisa menghalangi kita dengan jodoh adalah zina. Termasuk zina di dalamnya adalah berpacaran. Selain itu banyak juga bentuk zina lainnya sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut ini.

“Setiap anak Adam telah ditakdirkan bagian untuk berzina dan ini sesuatu yang pasti terjadi, tidak bisa tidak. Zina kedua mata adalah dengan melihat. Zina kedua telinga adalah dengan mendengar. Zina lisan adalah dengan berbicara. Zina tangan adalah dengan meraba (menyentuh). Zina kaki adalah dengan melangkah. Zina hati adalah dengan menginginkan dan berangan-angan. Lalu kemaluanlah yang nanti akan membenarkan atau mengingkari yang demikian.” (HR. Muslim).

Padahal sudah jelas Allah melarang manusia untuk berzina bahkan mendekatinya. Hal ini lantaran zina adalah perbuatan yag dapat menjerumuskan kita ke nerakanya Allah.

“Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al Isra’: 32).

3. Mencari dengan harta yang haram

Salah satu ikhtiar yang dapat kita lakukan untuk mendekatkan jodoh adalah dengan memperbanyak doa. Namun, ada doa yang ternyata sulit terkabul. Doa tersebut adalah doa yang dipanjatkan seseorang yang makan makanan haram dan menggunakan pkaian yang haram pula. Orang-orang tersebut juga biasanya memperolah hartanya dengan cara yang juga haram.

Dalam satu satu hadits disebutkan,

“Kemudian Rasulullah menyebutkan tentang seseorang yang melakukan perjalanan panjang, kusut rambutnya, kemudian mengangkat tangannya dan mengatakan: Wahai Rabb-ku, Wahai Rabb-ku, sedangkan makanannya haram, minumannya haram, perutnya diisi dengan sesuatu yang haram, maka bagaimana Kami mengabulkan doanya?” (HR Muslim).

4. Durhaka pada orangtua

Pernah dengar hadist yang berisikan bahwasanya keridhaan Allah bergantung pada keridhaan orangtua? Bisa jadi kita belum bertemu dengan jodoh salah satunya dikarenakan Allah belum meridhainya. Dosa kepada orangtua juga bisa jadi penyebab seretnya rezeki kita di dunia.

“Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah kamu membentak mereka, ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”. (QS. Al Isra :23).

5. Melalaikan Shalat

Dosa penghalang jodoh selanjutnya adalah melalaikan shalat. Pasalnya, Allah akan ridha pada hambanya ketika seseorang telah melakukan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Shalat adalah ibadah paling dasar seorang muslim. Ketika dia meninggalkannya, maka kemungkinan juga Allah akan meninggalkan hamba-Nya. Jika Allah ridha, maka orang tersebut semakin dimudahkan bertemu dengan jodohnya.

“Demi Rabb yang jiwaku berada di tangan-Nya, hendaklah kalian bersunguh-sungguh menyuruh berbuat kebaikan dan mencegah kemunkaran, atau Allah akan menimpakan siksaan kepada kalian dari sisi-Nya, kemudian kalian berdo’a kepada-Nya tetapi Dia tidak mengabulkan do’a kalian. (HR. at-Tirmidzi).

6. Memutus tali silaturahmi

Perbuatan dosa selanjutnya yang dapat menghalangi jodoh adalah memutus tali silaturahmi. Padahal lewat silaturahmilah seseorang akan mendapatkan rahmat Allah, termasuk jodohnya.

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (QS. Al Hujurat: 10).

 

7. Berdoa dengan tergesa-gesa

Jika hanya meminta kepada orang lain harus dilakukan dengan hati-hati dan lemah lembut, lantas bagaimana dengan meminta jodoh pada Allah? Perihal jodoh yang bukan hal main-main tentu saja harus dibicarakan dengan sebaik-baik adab, terlebih kita meminta kepada Allah Ta’ala.

Salah satu di antara adab berdoa pada Allah adalah dilakukan dengan tidak tergesa-gesa dan yakin bahwasanya Allah akan mengabulkan doa tersebut.

Rasulullah bersabda,

“Seorang hamba akan senantiasa dikabulkan doanya oleh Allah Jalla wa ‘Ala selama dia tidak berdoa yang mengandung kezaliman, tidak memutuskan tali silaturahmi, dan tidak tergesa-gesa.”

Kemudian ada sahabat yang bertanya, “Apa yang dimaksud tergesa-gesa di sini, wahai Rasulullah?”

Lalu beliau menjawab, “Aku telah berdoa, aku telah berdoa, tetapi mengapa aku tidak melihat tanda-tanda doaku dikabulkan? Sehingga dia lelah dalam berdoa dan meninggalkan doanya tersebut.” (HR. Muslim).

 

Demikan tadi beberapa doa yang bisa jadi penghalang kita bertemu dengan jodoh. Semoga kita senantiasa mengintrospeksi dan memperbaiki diri setiap hari hingga akhirnya dapat bertemu dengan jodoh yang terbaik. Aamiin.

Leave a Comment