Masya Allah, Ini Keutamaan Beserta Amalan Bulan Dzulqa’dah yang Jarang Diketahui

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Bulan Dzulqa’dah merupakan bulan ke-11 dalam kalender hijriyah atau penanggalan Islam. Bulan ini disebut sebagai salah satu bulan yang sangat diistimewakan dari empat bulan mulia yang lainnya, Muharram, Rajab, dan Dzulhijjah. Sebab, pada bulan Dzulqa’dah termasuk ke dalam asyhurul hurum atau yang berarti bulan yang diharamkan untuk melakukan perbuatan maksiat, pembunuhan, dan kerusakan di muka bumi.

Keempat bulan haram ini termaktub dalam Quran Surat At Taubah ayat 36. Allah berfiman,

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS. At-Taubah: 36).

Sayangnya, bulan Dzulqa’dah yang amat dimuliakan ini sering kali terlupakan oleh sebagian umat Muslim sebab tidak ada perayaan di dalamnya. Namun, inilah yang menjadi kelebihan dari tiap keutamaan serta amalan yang terdapat dalam bulan Dzulqa’dah.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bulan Dzulqa’dah yang termasuk ke dalam bulan haram, Allah jadikan bulan ini menjadi bulan yang amat spesial. Tiap amalan kebajikan yang dikerjakan akan mendapat pahala yang berlipatganda. Begitu pun dengan perbuatan maksiat yang dilakukan juga akan dilipatgandakan pula dosanya. Oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk senantiasa memperbanyak amal saleh pada bulan Dzulqa’dah.

Adapun amalan yang bisa dikerjakan pada bulan Dzulqa’dah antara lain,

1. Rutin mengerjakan puasa sunnah

Umat Islam bisa merutinkan diri untuk mengerjakan ibadah puasa sunnah pada bulan Dzulqa’dah. Puasa sunnah ini juga sebagai implementasi kebiasaan yang sudah dilakukan saat bulan Ramadhan sebelumnya. Puasa yang dapat dilakukan yakni dengan puasa Senin dan Kamis, puasa daud, dan puasa Ayyamul Bidh.

2. Membiasakan salat sunnah

Sebetulnya, salat sunnah sudah semestinya tidak hanya terbiasa dilakukan saat bulan Dzulqa’dah saja melainkan pada bulan-bulan lainnya. Amalan salat sunnah bisa kamu lakukan seperti salat dhuha, salat tarawih, salat qabliyah, salat ba’diyah, dan lain sebagainya.

3. Memperbanyak zikir

Dalam Quran Surat Al Munafiqun ayat 9, Allah memerintahkan kaum Muslim untuk senantiasa memperbanyak berzikir kepadanya. Dia juga melarang hamba-Nya untuk menyibukkan diri akan harta dan anak-anak mereka sampai lupa berzikir kepadanya. Sebab, barang siapa yang lalai ia akan merugi.

4. Ibadah Umrah

Bulan yang baik untuk mengerjakan ibadah Umrah yakni pada bulan Dzulqa’dah. Dikarenakan pada bulan ini, Rasulullah melaksanakan ibadah umrah. Dalam Hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Anas bin Malik mengatakan bahwa Rasulullah melakukan ibadah umrah sebanyak empat kali.

5. Senantiasa melakukan perbuatan terpuji

Allah menjanjikan hamba-Nya pahala berlipatganda apabila hamba-Nya senantiasa melakukan perbuatan terpuji. Kegiatan amal saleh bisa dikatakan menjadi pelengkap dari kesempurnaan iman pada diri seseorang.

Masya Allah, itulah keutamaan dan amalan yang dapat kamu kerjakan sahabat selama bulan Dzulqa’dah. Waktu adalah emas, jangan sampai kamu sia-siakan waktu berharga ini hanya dengan bercanda gurau saja, ya.

Leave a Comment