Amalan Terbaik yang Bisa Dilakukan Umat Muslim Pada Bulan Dzulhijjah

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang istimewa bagi umat islam di dunia. Keistimewaan bulan Dzulhijjah terletak pada 10 hari pertama. Allah memberi kesempatan kepada umatnya untuk menambah ketakwaan dengan cara melakukan amalan-amalan di bulan Dzulhijjah.

Berikut beberapa amalan pada bulan Dzulhijjah yang bisa Sahabat Muslimah lakukan:

1.Ibadah Haji dan Umrah

Amalan yang bisa Sahabat lakukan di bulan Dzulhijjah adalah ibadan haji dan umrah. Ibadah tersebut merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilakukan bagi orang yang mampu. Pelaksanaan haji hanya dilakukan saat bulan Dzulhijjah.

Allah menjanjikan surga bagi haji mereka yang mabrur seperti yang diriwayatkan dalam sebuah hadits.

“Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu berkata, Rasulullah SAW bersabda, dari satu umrah ke umrah yang lainnya menjadi penghapus dosa di antara keduanya. Dan haji yang mabrur tidak ada balasan baginya kecuali surga.” (HR Bukhari dan Muslim).

2.Puasa

Amalan di bulan Dzulhijjah selanjutnya yaitu puasa. Umat muslim disunnahkan untuk berpuasa dari tanggal 1 sampai 9 Dzulhijjah.

Sunnah berpuasa pada bulan Dzulhijjah tercermin dalam hadits yang diriwayatkan oleh istri-istri Nabi Muhammad SAW.

"Dari Hunaidah Ibn Khalid, dari istrinya, dari istri-istri Nabi, mereka berkata, Rasulullah biasa berpuasa sembilan hari di bulan Dzulhijjah, berpuasa di hari Asyura, berpuasa tiga hari di setiap bulannya, puasa Senin pertama dan juga hari Kamis di setiap bulannya.” (HR Abu Dawud, Ahmad, dan Nasa'i. Ahmad dan Nasa'i menambahkan, 'dan dua Kamis').

Puasa pada 9 Dzulhijjah disebut dengan puasa Arafah, jika dilakukan maka akan menghapus dosa kita dua tahun lalu yakni tahun sebelumnya dan tahun sesudahnya. Sedangkan pada 8 Dzulhijjah disebut dengan puasa Tawriyah.

3.Qurban

Berqurban memiliki pahala yang luar biasa jika dilakukan karena Allah. Hukum ibadah qurban adalah wajib dan sunnah kifayah. Dikatakan wajib apabila mampu untuk berqurban. Sedangkan hukum qurban menjadi sunnah kifayah jika ada salah seorang anggota keluarga yang berqurban maka gugurlah tuntutan berqurban bagi anggota keluarga yang lain.

Keutamaan qurban dijelaskan dalam sebuah hadits.

Aisyah menuturkan dari Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam bahwa beliau bersabda, “Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya.” (Hadits Hasan, riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117).

4.Berdzikir

Amalan bulan Dzulhijjah yang paling mudah untuk dilakukan adalah berdzikir. Mengucap dzikir bisa dilakukan kapan saja. Namun istimewanya, dzikir memiliki keutamaan besar jika lakukan pada bulan Dzulhijjah. Disebutkan dalam sebuah hadits:

"Tidaklah ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan lebih Dia cintai dibanding melakukan amal ibadah di 10 hari bulan Dzulhijjah. Maka perbanyaklah di 10 hari ini membaca Tahlil, Takbir dan Tahmid." (HR. Imam Ahmad dari Ibnu Umar ra)

Leave a Comment