Semasa Hidupnya Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah Diketahui Rajin Bersedekah, Apakah Manfaat Sedekah dalam Islam?

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Baru-baru ini dunia hiburan Indonesia sedang diterpa kabar duka yang cukup mengagetkan sebagian besar masyarakat Indonesia. Artis Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Ardiansyah dikabarkan meninggal dunia setelah terlibat kecelakaan di Tol Jombang-Mojokerto pada Kamis (4/11) lalu.

Tak sering diumbar ke publik, ternyata Vanessa dan Bibi dikenal sebagai sosok yang sering bersedekah dan menolong orang lain. Kebiasaan bersedekah inipun turut diceritakan oleh musisi Erix Soekamti yang dimana istri dari musisi ini, Shara Sulthana merupakan sahabat baik dari Vanessa.

Dalam Islam sendiri, sedekah merupakan salah satu amalan yang dicintai oleh Allah Subhanahu wa ta'ala dan banyak disebutkan di dalam ayat-ayat Al-Qur’an. Sedekah ini merupakan suatu tindakan memberikan sesuatu kepada seseorang yang membutuhkan secara sukarela. Kegiatan bersedekah inipun tidak selalu berkaitan dengan materil, tetapi dapat berupa perbuatan baik lainnya.

Maka dari itu, bersedekah menjadi salah satu amalan yang dianjurkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala untuk dilakukan seluruh umat Islam. Bahkan dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 271 dijelaskan bahwa banyak sekali keutamaan yang tersimpan dalam bersedekah ini, salah satunya, yaitu dapat menghapus segala dosa dan mengabulkan segala doa yang diminta oleh seseorang yang bersedekah.

Selain itu, apa saja manfaat sedekah dalam Islam yang wajib kamu ketahui? Berikut penjelasannya di bawah ini.

1.Membuka Pintu dan Keberkahan Rezeki

Kenikmatan pertama yang dapat dirasakan oleh umat Muslim yang rajin bersedekah adalah terbukanya pintu rezeki. Dalam sebuah hadist, Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda: “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah,” (HR Al-Baihaqi).

Selain itu, umat Muslim yang rajin bersedekah juga akan mendapatkan keberkahan pada hartanya, dimana Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam juga bersabda: “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya,” (HR Muslim).

2.Mendapat Syafaat dan Amalan yang Tidak Terputus

Seorang Muslim yang rajin bersedekah juga diketahui akan mendapatkan syafaat atau naungan di hari akhir. Hal ini pun disebutkan dalam sebuah hadist, dimana Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda: “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya,” (HR Bukhari).

Kemudian, dijelaskan pula bahwa sedekah termasuk amalan yang tidak akan terputus walaupun seseorang tersebut telah meninggal dunia. Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda: “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang sholeh,” (HR Muslim No. 1631).

3.Terhindar dari Musibah dan Bahaya

Dalam sebuah hadist juga dijelaskan bahwa sedekah bahkan dapat bermanfaat dalam menghindari seseorang dari segala bahaya, musibah, dan kejahatan.

Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda: “Bersegeralah untuk bersedekah, karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.”

Itulah beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh umat Muslim yang rajin bersedekah. Kenikmatan bersedekah tidak hanya dapat dirasakan saat masih hidup, tetapi juga dapat menjadi amalan yang baik saat seseorang meninggal dunia.