Naudzubillah! Hindari 3 Perilaku Berikut Ini, Siksaannya Sangat Pedih di Neraka

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily – Setiap umat Muslim pasti takut dan tidak ingin masuk neraka. Pada dasarnya Neraka adalah tempat ganjaran bagi mereka yang durhaka kepada Allah Subhanahu wa ta’ala selama di dunia. Apinya digambarkan melahap dan menghancurkan segala sesuatu dihadapannya tanpa terkecuali. Bahkan, dahsyatnya api neraka bisa membakar kulit hingga ke tulang dan bagian organ tubuh hingga jantung. Dahsyatnya kepedihan yang digambarkan menjadikan peringatan kepada seluruh umat Islam, Allah Subhanahu wa ta’ala memperingatkan larangan berperilaku buruk agar kita terhindar dari siksaan yang sangat kejam dalam firman-Nya di Al-Qur’an yang berbunyi:

فَلَنُذِيقَنَّ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ عَذَابًا شَدِيدًا وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَسْوَأَ ٱلَّذِى كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Fa lanużīqannallażīna kafarụ 'ażāban syadīdaw wa lanajziyannahum aswa`allażī kānụ ya'malụn

Artinya:

“Maka sesungguhnya Kami akan merasakan azab yang keras kepada orang-orang kafir dan Kami akan memberi balasan kepada mereka dengan seburuk-buruk pembalasan bagi apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Fusillat: 27)

Nabi Shalallahu alaihi wassalam juga bersabda:

“Umatku selamat dari api neraka, setelah 1060 tahun, yakni kaum yang banyak dagingnya, mereka itu adalah kaum yang mendustakan agama, yang memakai pakaian, tapi telanjang dari keta’atan (kepada Allah), mereka mengetahui, serta melakukan dalam dhahirnya untuk kehidupan dunia, dan selalu mementingkan kehidupan dunia dari pada akhirat, mereka itu adalah orang yang lupa (bodoh). Dan mereka itu adalah ahli pasar yang mengikuti hawa nafsu, mereka bekerja dari mana harta itu bisa didapat (seenaknya sendiri tanpa memikirkan halal dan haramnya)."

Kesimpulan yang dapat diambil bahwa perilaku buruk yang dilakukan semasa mereka hidup akan mendapatkan balasannya. Beberapa perilaku buruk seperti orang yang melanggar janji dan amanat, yang berzina dan memakan barang riba, serta yang meninggalkan shalat, dan banyak lagi akan dibalas di Neraka dengan balasan yang sangat pedih.
Simak penjelasan beberapa perilaku buruk dan adzabnya yang dijelaskan dalam kitab Daqoiqul Akhbar agar kita semua dapat terhindar dan diberikan hidayah oleh Allah Subhanahu wa ta’ala!

1. Siksaan Orang Yang Melanggar Janji dan Amanat

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman: “Hai Musa, jikalau kamu mengetahui orang yang merusak janji dan amanat, maka mereka akan diseret dengan wajahnya ke neraka. Ketika mereka jatuh ke dalam Jahannam, maka menjadilah setiap anggota tubuh mereka hancur dalam satu tempat, setiap ototnya akan hancur dalam satu tempat, dan hatinya akan hancur dalam satu tempat.”

Allah berfirman bahwa Neraka Wail akan menjadi tempat untuk orang yang merusak janji dan amanat. Orang-orang itu akan disalip diatas pohon zagum, lalu api neraka masuk dari duburnya terus keluar dari mulutnya, serta keluar pula dari kedua telinga dan kedua matanya.

Perilaku ini sangat buruk sampai Allah menggambarkan siksaan dahsyat yang akan didapatkan oleh orang-orang yang telah mengingkari janji dan amanat.

Allah Ta’ala berfirman: “Hai Musa, jika kamu mengetahui orang yang merusak janji dan amanat, orang itu benar-benar akan bergandengan dengan setan dalam satu rantai dan belenggu, yang digantung dengan lisannya, sehingga otaknya mengalir dari kedua lubang hidungnya, ja tidak bisa tidur (meskipun) hanya sekejap mata, dan mereka tidak menemukan kenikmatan (meskipun) hanya sekejap mata, sehingga orang kafir mengharapkan aman dengan kematian daripada siksa. Demikian itulah, (siksaannya) orang yang merusak janji, mereka selalu mengharapkan aman dengan kematian.”

2. Siksaan Orang yang Berzina

Perilaku buruk selanjutnya yakni kepada orang-orang yang berzina, mereka akan disiksa di neraka dalam beberapa abad.

Allah Ta’ala berfirman: “Hai Musa, kalau sekiranya air lautan itu menjadi tinta, pepohonan itu menjadi penanya, sedangkan manusia dan jin adalah yang menulis, maka pasti habis pena-pena itu, sampai manusia dan jin menjadi sirna, seluruh air lautan itu menjadi kering bilangan abad Jahannam masih belum habis untuk ditulisi.”

Dalam kitab suci Al-Qur’an Surat An-Naba ayat 23-26 tertulis:

“Mereka tinggal didalamnya berabad-abad lamanya. Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman. Selain air yang mendidih dan nanah. Sebagai pembalasan yang setimpal.”

3. Siksaan Yang Dikehendaki Makhluk Harisy Atas Orang yang Melakukan 5 Perkara

Adapun 5 perkara yang dilakukan seseorang siksaannya akan dikehendaki oleh makhluk 'Harasy' seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata: Nabi Muhammad bersabda: “Ketika terjadi hari kiamat, maka keluarlah dari neraka satu makhluk yang bernama ‘Harisy’ yang dilahirkan oleh kalajengking, kepalanya berada di langit ketujuh, ekornya berada di bumi yang paling bawah, Harisy ini memanggil dengan 70 kali: ‘Dimanakah orang yang menampakkan pada Dzat Yang Maha Penyayang? Dimanakah orang yang menerangi pada Dzat Yang maha Penyayang?’”

Lalu Jibril berkata: “Apa yang kamu kehendaki hai Harisy?” Lalu Harisy menjawab: “Aku menghendaki lima perkara. Dimanakah orang yang meninggalkan shalat? Dimanakah orang yang mencegah membayar zakat? Dan dimanakah orang yang meminum arak (khamer)? Dimanakah orang yang makan barang riba? Dimanakah orang yang membicarakan dengan pembicaraan dunia di dalam masjid?”

Maka Harisy akan mengumpulkan mereka semua (5 orang yang melakukan 5 perkara) di dalam mulutnya, dan mengembalikan mereka ke Jahannam.

Naudzubillah min dzalik, semoga tulisan ini mejadi pengingat bagi sobat muslimah agar ibadahnya semakin dilancarkan, dikuatkan lagi, dan semoga kita semua umat Islam terlindung dari adzab Neraka yang sangat pedih Aamiin ya rabbal alamin.

Last modified on Kamis, 12 Januari 2023 14:44

Leave a Comment