Menggunakan High Heels Haram Hukumnya, Benarkah?

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - “Namanya juga wanita ingin selalu terlihat cantik dan menarik” Begitulah kata yang mewakili seorang wanita kebanyakan. Masalah penampilan, dari hal yang kecil sampai hal yang besar akan diperhatikannya. Seperti halnya ketika wanita yang bertubuh mungil ingin terlihat lebih tinggi, mereka memutar otak dan akhirnya menggunakan sepatu high heel. Bukan hanya itu, sepatu high heel kini sudah menjadi tuntutan untuk digunakan dalam sebuah acara, maupun pekerjaan. Banyak juga yang menganggap ketika seorang wanita memakai high heel, ia akan menambah kepercayaan dirinya. Lalu, bagaimana sebenarnya Islam memandang hal ini, apakah seorang wanita muslimah diperbolehkan menggunakan sepatu high heels?

Ustadz Zainul Mustaqim, mencoba menjelaskan fenomena yang kini dianggap sudah biasa. Secara logika bahwa orang yang tidak terbiasa menggunakannya akan jatuh, dan orang yang belum atau jarang memakainya akan canggung, kemudian dari logika tersebut sudah dapat disimpulkan akan membuat muslimah yang menggunakanya bepura-pura dan membahayakan dirinya. Selain itu memang para ulama seperti Syaikh Abdul Aziz sudah berpendapat bahwa wanita memakai high heels hukumnya tidak boleh dalam Islam atau bisa dikatakan haram. Karena akan terjerumus dalam tiga hal yaitu :

Pertama, tabbaruj (menampakan perhiasan dirinya). Kedua, akan menjadi tassyabuh (mengikuti atau menyerupai budaya yang bukan dari Islam sehingga ia akan melenggok- lenggok menampilkan tubuhnya). Ketiga, Membahayakan diri dan masuk dalam kebinasaaan.

Dalam penjelasan dari Ustadz Zainul diatas, diperkuat dalam salah satu perintah Allah yang sudah lama tertulis di kitab suci Al- Qur’an, yaitu,

“Dan janganlah menampakkan perhiasan mereka, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam.” (An-Nur: 31)

Semoga kita dapat terhindar dari apa yang Allah tidak ridhai ya. Tahukah muslimah, selain dalam pandangan Islam, ternyata di dunia kesehatan juga tidak baik loh. Menurut ahli penyakit kaki, dr Sherri Greene memakai high heels dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki dan dapat memicu penyakit neuroma yang mengganggu sistem jaringan saraf di kaki. Maka dari itu, larangan Allah bukan semata-mata untuk menyulitkan kita melainkan menjaga kita, Masya Allah.

Last modified on Jumat, 21 Oktober 2016 10:37