Waspada Inilah Jenis - Jenis Setan yang Menghasut Manusia

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Setan adalah musuh yang nyata bagi manusia sebagaimana dalam firman Allah Subhanahu wa ta’ala yang artinya : “Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu.” (QS. Yaasin : 60)

Setan selalu mengganggu manusia dalam beribadah kepada Allah dan masuk ke tubuh manusia melaui aliran darah. Sebagaimana hadits Rasulullah Shallallu'alaihi wa sallam yang artinya : “Sesungguhnya setan menyusup dalam diri manusia melalui aliran darah.” (HR. Muttafaqun ‘alaih)

Adapun setan diciptakan dari api yang menyala-nyala sebagaimana dalam dalam firman Allah yang artinya : “Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.” (QS. Al Hijr: 27)

Jumlah setan yang menganggu manusia sangat banyak, adapun nama-nama setan di antaranya adalah :

A.Zalitun atau Zalanbur adalah setan yang tinggal di pasar untuk menghasut para pedagang dalam berbuat curang, tipu daya dan melakukan dusta. Ia tinggal di tempat kumuh dan juga kotor, bahkan dia yang membuat lalai para pedagang dan pembeli yang ada di pasar.

B.Walhan adalah setan yang menganggu manusia dalam berwudhu, sehingga manusia menjadi lupa urutan wudhu atau bahkan menjadikan manusia mubadzir dalam dalam menggunakan air untuk wudhu.

C.Wahhar adalah setan yang menganggu manusia di kala tidur. Ia yang mengganggu manusia dengan mimpi-mimpi yang tak baik. Maka dari itu manusia diperintahkan untuk membaca do’a bahkan alangkah baiknya berwudhu sebelum tidur.

D.Masuth (Mathuun) adalah setan yang menghasut lisan manusia agar jauh dari kebenaran, sehingga manusia melakukan dusta, fitnah dan hal-hal yang menyakitkan lainnya sehingga menjadikan satu dengan yang lainnya bermusuhan dan terpecah belah.

E.Dasim adalah setan yang membuat lupa manusia untuk mengucapkan salam ketika memasuki rumah, sehingga rumah dan kehidupan manusia dalam berkeluarga jauh dari sakinah, mawaddah, wa rahmah dan menimbulkan petengkaran hingga terjadi perceraian antra suami dan istri. Bahkan ketika keluarga makan bersama, maka setan pun akan turut ikut makan dan menghasut manusia untuk tidak mensyukuri makanannya.

F.Wathiin atau Watsin adalah setan yang menganggu hati dan akal manusia untuk berbuat kerusakan dan dosa, bahkan yang merusak akhlaq baik manusia. Sikap hati iri, dengki, sombong dan lainnya ialah pengaruh darinya. Adapun dari segi akhlaq yang menjadikan manusia jauh dari akhlaq mulia terhadap sesame maupun terhadap Allah dan Rasulullah.

Sungguh, setan senantiasa membuat lalai para manusia dan godaannya halus bahkan dari berbagai arah.Allah berfirman,“Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).” (QS. al-A’raf : 17)

Dalam Tafsir Al-Qur’an al-‘Azhiim, makna godaan setan dari arah depan adalah setan akan menjadikan manusia ragu terhadap kehidupan akhirat. Godaan dari arah belakang bermakna setan akan menjadikan manusia cinta kepada dunia. Wallahul'alam.

Last modified on Senin, 06 Maret 2017 00:52

Leave a Comment