Ketahui 8 Profesi Seru Dalam Dunia Fashion

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Dunia fashion memang selalu menawarkan pesona yang luar biasa. Mulai dari baju, aksesoris hingga tas yang sudah menjadi kebutuhan para perempuan. Putaran trend yang selalu berganti setiap musim juga mempengaruhi para perempuan berlomba-lomba untuk tampil menawan sesuai mode.

Berawal dari kebutuhan tersebut kemudian melahirkan profesi-profesi baru yang kian beragam dan menginspirasi. Beberapa diantaranya bisa kamu tekuni jika jatuh cinta dengan dunia fashion.

1.Fashion Designer

Kini semakin banyak bermunculan sekolah-sekolah fashion yang mengajarkan dasar-dasar pendidikan menjadi desainer dan strategi untuk menekuninya secara serius. Bagi yang memiliki kemampuan untuk menggambar, merancang sketsa dan kreativitas bisa menjadi bekal untuk menekuninya.

Menjadi fashion desainer merupakan profesi paling berprestise bagi mereka yang ingin terjun di dunia fashion. Ketika karya-karya diapresiasi, disukai dan dikenal masyarakat merupakan kebanggaan tersendiri. Wujud eksistensi secara nyata ketika karya mereka ditunjukkan di ajang-ajang fashion week ternama.

2.Fabric Research dan Development

Profesi sehagai Fabric Research dan Development ini bertanggungjawab mengembangkan material dan meningkatkan kualitas produk. Termasuk proses pemilihan bahan dan material yang akan digunakan untuk membuat suatu pakaian merupakan hal yang sangat penting. Penting untuk mengetahui selera pasar dilakukan pengumpulan data melalui survey, riset dan meluncurkan pakaian sesuai dengan musimnya.

3.Personal Stylist

Personal Stylist sangat lekat perannya di dunia fashion dan entertaiment karena mengarahkan untuk membentuk karakter fashion seseorang sesuai dengan kepribadian atau image yang ingin diciptakan. Biasanya yang menggunakan jasa personal stylist adalah artis dan band-band ternama yang ingin memiliki ciri tertentu sehingga lebih mudah diterima oleh masyarakat.

4.Jurnalis

Menjadi jurnalis merupakan gerbang untuk mengetahui perkembangan fashion dan trend yang paling terkini. Didukung dengan kemampuan menulis, memotret dan blogging akan menyempurnakan posisimu. Apalagi posisi media sangat penting karena berperan sebagai publisitas.

Tak heran ajang-ajang fashion tak lengkap tanpa kehadiran para jurnalis karena bertugas untuk berbagi informasi kepada para pembaca. Istimewanya dengan menjalani profesi ini kamu mendapatkan previledge untuk menghadiri fashion show, launching-launching produk fashion dan bahkan menghadiri ajang fashion nasional serta internasional.

5.Fashion Stylist

Fashion Stylist merupakan sosok yang paling dibutuhkan ketika melakukan sesi pemotretan fashion. Fashion stylist bertanggungjawab untuk mengatur segala sesuatu mulai dari peminjaman baju yang akan digunakan oleh model, termasuk bekerjasama dengan fotografer.

Kepiawaian memadupadankan pakaian juga memerlukan kreativitas yang tinggi. Seorang fashion stylist juga sangat diharapkan memiliki sikap yang supel dan ramah, karena melibatkan banyak orang yang terdiri dari beragam karakter.

6.Fashion Merchandising

Profesi Fashion Merchandising merupakan orang dibelakang layar yang selalu update memantau perkembangan fashion, trend dan perilaku konsumen yang berkaitan erat dengan industri retail. Ia bertugas untuk memastikan kualitas dan kesempurnaan produk sebelum diluncurkan ke pasaran. Bagi kamu penggemar merk-merk ternama, ini merupakan kesempatan untuk terlibat dan bekerja di brand-brand incaranmu.

7.Fotografer

Semua profesi di dunia fashion selalu bekerjasama dengan fotografer karena menghasilkan karya yang dapat dipublikasikan kepada masyarakat. Misalnya ketika fashion show para fotografer mendapatkan posisi paling istimewa dan strategis untuk memperoleh hasil foto yang sempurna. Namun jika ingin memutuskan menjadi fotografer fashion diperlukan persiapan matang misalnya menyiapkan set, properti lampu yang beragam atau idealnya memiliki studio sendiri untuk menghasilkan karya yang maksimal

8.Blogger

Jika kamu termasuk orang yang update, memiliki media sosial, blog dan website yang inspiratif kamu bisa menjadi seorang blogger fashion. Karena kini posisi blogger dianggap potensial dalam dunia marketing. Tak heran kini berbagai brand saat memperkenalkan produk dan launching juga turut mengundang dan melibatkan para blogger juga tak hanya jurnalis.

9.Influencer

Sejak berkembangnya media sosial tak hanya para artis yang memanfaatkannya untuk lebih dekat dengan penggemarnya. Mereka menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk-produk fashion tertentu dengan mengandalkan jumlah followers dan postingan yang menarik.

Leave a Comment