Agar Tetap Awet, Ini Dia Tips Merawat Gamis yang Bijak

Ilsutrasi Ilsutrasi ( Foto : Dwihandaanda/Instagram )

Muslimahdaily - Memakai gamis tentu menjadi suatu kebutuhan bagi para muslimah, terlebih saat ini model, motif, dan desain gamis yang sudah bervariasi di pasaran menjadikan para muslimah tetap mampu tampil modis tetapi juga tetap menutup auratnya dengan sempurna. Merawat gamis pun menjadi suatu kewajiban yang harus dilakukan agar gamis tetap awet.

Gamis yang terlalu sering dipakai, ditambah cara merawat yang salah akan membuatnya mudah rusak. Nyatanya, setiap koleksi busana muslim yang kita kenakan tidaklah sama perawatannya. Terlebih jika koleksi busana tersebut terdiri dari berbagai jenis bahan dan warna yang bermacam-macam. Berikut tips merawat gamis agar tetap awet.

1.Jangan mencucinya di mesin cuci

Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya mengapa tidak diperbolehkan mencuci di mesin cuci, namun pada faktanya mencuci dengan mesin cuci akan mudah merusak gamis secara perlahan. Mulailah dengan mencuci gamis kamu menggunakan tangan, namun jangan terlalu keras ketika menguceknya dan utamakan membersihkan pada bagian yang kotor, ketiak, tangan, dan bagian bagian bawah gamis.

2.Hindari pemutih pakaian

Ketika ingin menggunakan pemutih pakaian untuk mencuci gamis usahakan tidak terlalu berlebihan. Penggunaan pemutih pakaian memang dapat mengembalikan warna gamis menjadi lebih putih, namun jika digunakan terlalu sering dan berlebihan akan membuat ketebalan gamis semakin menipis sehingga mudah melar dan rusak.

3.Menjemur dengan tepat

Dalam mencuci terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sama halnya dengan menjemur gamis. Saat menjemur gamis sebaiknya balik gamis sehingga bagian dalamnya yang terjemur. Tak hanya itu, kamu juga harus menghindari gamis dari paparan sinar matahari langsung agar warna gamis tidak cepat pudar.

4.Simpan dengan benar

Tips yang terakhir agar gamis terawat adalah perhatikan ketika kamu menyimpan gamis. Simpanlah gamis dengan tidak melipatnya tetapi digantung. Selain itu simpanlah gamis di dalam lemari yang longgar sehingga gamis tidak mudah kusut.

Merawat gamis merupakan suatu kewajiban karena dapat menjaga gamis agar tetap awet, dengan mengikuti tips di atas kamu dapat mengurangi resiko kerusakan dan kepudaran warna pada gamis.

 

Last modified on Kamis, 22 November 2018 05:33

2 comments

  • Comment Link Nica Nica Minggu, 10 November 2019 22:33

    Izin copast ya, Kak. Sumber akan saya cantumkan. Terima kasih ....

    Report
  • Comment Link Nica Nica Minggu, 10 November 2019 22:24

    Mba izin copast ya, sumber tetap akan saya catumkan?

    Report

Leave a Comment