Tips Merapikan Lemari Pakaian Ala Marie Kondo

Ilsutrasi Ilsutrasi

Muslimahdaily - Nama Marie Kondo mungkin sudah tak asing lagi di telingamu. Metode Konmari yang diperkenalkannya baik lewat buku The Life-Changing Magic of Tidying maupun lewat acara TV-nya mampu mengubah cara merapikan rumah. Jika memeriksa seluruh rumah terdengar sulit, mulailah dengan yang lebih sederhana seperti merapikan lemari pakaian dengan tips-tips berikut ini.

Pisahkan

Marie Kondo percaya untuk mengambil proses ini selangkah demi selangkah. Miliki kategori tertentu dalam memisahkan pakaian menjadi baju atasan, sepatu, dan seterusnya. Hal ini akan membuatmu lebih mudah dalam memisahkan tumpukan di lemari daripada hanya menumpahkan semuanya di lantai yang seakan hanya menciptakan lebih banyak kekacauan.

Tes Spark Joy

Setelah memisahkan tumpukan yang ada di lemari, Anda bisa melihat berapa banyak barang yang benar-benar dimiliki. Bagian selanjutnya adalah yang paling penting. Marie Kondo menyarankan semua orang untuk mengambil setiap barang dan bertanya pada diri sendiri apakah memicu kegembiraan dalam hatimu. Jika jawabannya tidak, buang atau donasikan.

Hindari Nostalgia

Saat melihat seluruh barang yang dimiliki, sangat mudah untuk terjebak pada hal-hal sentimentil, misalnya kado yang diberikan oleh sang Ibu yang belum pernah disentuh atau baju yang dimiliki sejak remaja dengan terlalu banyak lubang untuk bisa digunakan lagi. Walau pakaian, aksesoris, maupun barang lainnya masih dapat memicu kegembiraanmu, jangan biarkan kenangan mengaburkan penilaianmu.

Proses melipat ala KonMari

Metode Kondi mungkin sangat berbeda dengan proses melipat pakaian yang sudah Anda kenal sejak lama. Tidak hanya melibatkan pakaian yang dilipat secara vertikal sehingga bisa berdiri tanpa bantuan, tapi juga memastikan Anda dapat melihat semua barang di laci. Anda pun bisa menggunakan kotak sepatu untuk membagi laci agar lebih mudah untuk dikelola.

Teknik Menggantung Pakaian

Kondo juga bukan penggemar teknik menggantung tradisional. Sebagai gantinya, gantung pakaian dari yang terberat misalnya pakaian yang cukup panjang, berwarna gelap, atau berbahan kain tebal di sisi kiri lemari pakaian Anda dan pakaian yang lebih ringan di sebelah kanan. Bukan hanya tampak lebih rapi, tapi juga membuatmu lebih mudah memilih pakaian yang ingin dikenakan, misalnya pada saat hawa udara cukup dingin.

Tidak ada salahnya meluangkan waktu di akhir pekan ini untuk menjajal teknik yang diajarkan Marie Kondo dan merapikan isi lemarimu.

Last modified on Kamis, 28 Maret 2019 19:15

Leave a Comment