Cara Sederhana Biar Hijabmu Tetap Rapi Seharian

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Kewajiban berhijab tak berarti menghalangi wanita muslim untuk menjalankan segala aktivitasnya. Tak bisa dipungkiri, memang kadang memakai hijab membutuhkan trik agar tetap tertata apik, rapi, dan nyaman seharian.

Sekalipun sudah ada jenis jilbab bergo atau langsung pakai tanpa harus menggunakan jarum pentul atau peniti, tetap saja banyak wanita muslimah yang memilih jilbab segi empat karena sudah terbiasa. Nah, agar jilbab bisa tetap rapi dan nyaman sepanjang hari, kamu bisa ikuti langkah – langkah sebagai berikut.

1. Mengencangkan dengan jarum pentul

Bukan rahasia lagi jika untuk membuat jilbab tetap rapi di kepala, kamu disarankan memakai jarum pentul kecil. Usahakan agar memilih jarum pentul yang berkepala kecil sehingga tampak lebih rapi dan hampir tidak terlihat. Tempatkan di bagian sudut untuk menyematkan kain hijab ke inner agar lebih kencang dan rapi, seperti pelipis atau di atas kepala. Selain jarum pentul kecil, ada juga beberapa wanita yang senang memadukan gaya hijab dengan bros – bros sebagai pemanis. Apapun pilihannya tidak masalah, yang terpenting kamu merasa nyaman dan jilbab tetap rapi.

2. Beli bahan kain adem dan nyaman

Kain jilbab adalah faktor utama kenyamanan saat beraktivitas. Kalau kamu merasa nyaman, sejuk dan percaya diri saat memakai hijab, sudah pasti tidak akan banyak bergerak atau membenahi lagi jilbabmu seharian. Ini artinya, jilbab bisa lebih rapi dan tertata apik di kepala.

Sebaliknya, jika kamu memilih jenis jilbab yang kurang berkualitas, seperti kainnya terlalu tipis atau tebal, panas, teksturnya kasar, hal ini akan mempengaruhi tubuh jadi lebih mudah berkeringat. Tak heran kalau jilbab juga menjadi gampang berantakan atau tidak rapi karena licin, gerah atau mudah bergeser.

3. Hijab gaya ascot dan cravat

Gaya lain yang bisa digunakan dalam berhijab adalah gaya hijab yang mengadopsi mode busana kaum pria di Royal Ascot, London, Inggris. Yaitu mengikat hijab atau scarf di leher sedemikian rupa sehingga tampak lebih rapi dan elegan. Gaya ini sangat cocok untuk dipakai ke acara – acara formal seperti meeting di kantor, pesta, atau bahkan saat kamu harus menghindari memakai jarum pentul karena menggendong si kecil. Ambil hijab segi empat, kemudian lipat menjadi segitiga dan pasangkan di leher sebagai dasi yang dibentuk ascot tie atau cravat. Nah, kini kamu siap tampil lebih trendy dan hijab juga tak mudah bergeser.

4. Pilih hijab bergo atau hijab instan

Tak mau repot membenahi hijab segi empat yang gampang bergeser atau berantakan? Satu jawaban sederhananya, gunakan hijab instan atau hijab bergo. Saat ini sudah banyak model hijab instan yang praktis digunakan tanpa harus menggunakan jarum pentul. Bahkan, ada juga bentuk hijab segi empat yang sudah dijahit di bagian bawah dagu sehingga kamu tinggal slup.. dan langsung menggunakan tanpa perlu mematut diri di depan cermin.

Wah, dengan beberapa tips di atas, jilbab bakal tampak lebih rapi dan tidak ribet lagi mencari kaca untuk membenahinya. Kalau kamu punya tips apa yang bisa dibagikan agar kerudung tetap rapi seharian?

Last modified on Rabu, 21 Agustus 2019 02:59