Jaket Water Resistant dan Waterproof, Apa Bedanya?

ilustrasi ilustrasi (foto: hipwee.com)

Muslimahdaily - Jaket merupakan salah satu fashion item yang pasti dimiliki setiap orang. Berfungsi untuk melindungi diri dari panasnya sinar matahari ataupun menghangatkan tubuh dari cuaca yang dingin.

Seiiring berjalannya waktu, jaket mengalami berbagai macam inovasi dan memiliki klaim sendiri. Seperti jaket anti sinar uv hingga jaket anti air.

Khusus untuk jaket anti air, kita biasanya akan melihat jaket dengan label bertuliskan waterproof dan water resistant. Lalu apa sebenarnya perbedaan dari kedua jenis jaket anti air tersebut?

Berikut Muslimahdaily rangkum penjelasan singkatnya.

1. Water Resistant

Menurut kamus Oxford, Water resistant bermakna dapat menahan penetrasi air sampai batas tertentu namun tidak sepenuhnya. Water resistant merupakan tingkat ketahanan terendah diantara jaket berlabel anti air. Dengan kata lain, jaket dengan label ini hanya cocok pada kondisi hujan ringan saja.

Produk ini diciptakan dengan sedemikian rupa sehingga air sulit mempenetrasi atau ada kemungkinan produk dilapisi dengan bahan tertentu yang meningkatkan kemungkinan ketahanan produk saat terkena air.

Jaket ini menggunakan bahan yang lightweight dan breathable. Harga jaketnya juga tergolong lebih murah dari jaket waterproff.

2. Waterproof

Menurut kamus Oxford, Waterproo berarti tahan air. Jaket ini memiliki kemampuan menjaga tubuh tetap kering bahkan pada cuaca yang extrim. Selain itu, produk ini juga berbahan khusus seperti goretex dan polyester. Dimana bagian dalam jaket menggunakan goretex dan bagian luarnya menggunakan polyester yang tentu saja dapat menahan air dan melindungi tubuh dari resiko kebasahanan.

Jaket waterproof biasanya di gunakan oleh para pendaki gunung agar dapat melindungi tubuh dari kondisi alam pegunungan yang lembab dan dingin.

Jaket ini juga di bagi kedalam dua jenis. Yaitu Waterproof Breathable yang fungsinya dapat meminimalisir udara panas (gerah) dan yang kedua adalah Waterproof Non-breathable yang dapat menahan keringat di dalam sehingga akan terasa panas.

Berikut penjelasan detailnya, dilansir dari laman Vickers Jacket:

• Waterproof breathable

Kain yg berbahan waterproof dan breathable memiliki 3 pelapis, pelapis tersebut diberi nama lining (lapis paling bawah yg dekat dengan kulit), waterproof membran (lapisan inilah yg menghasilkan apa yg disebut waterproof breathable), dan outer material (kain yg berasal dari brand yg bersangkutan).
udara lembab yg terdapat di bawah lapisan paling dalam (lining) mampu dilepaskan atau keluar dari kain tersebut sehingga potensi untuk berkeringat bisa diminimalisir. sedangkan gangguan dari luar yaitu berupa air tidak dapat masuk/menembus kain tersebut.

• Waterproof non-breathable

Waterproof non breathable adalah tipe kain yg biasa digunakan untuk kegiatan yg intensitasny rendah, misalkan dipakai waktu menggunakan sepeda motor, contohnya seperti jas hujan, ponco, atau mungkin flysheeet, karena non breathable, maka uap yang dihasilkan oleh tubuh terjebak di dalam kain ini (tidak bisa keluar), sehingga akan merasa lebih panas dan menghasilkan keringat,

Itulah penjelasan singkat dari jaket anti air. Sekarang sahabat muslimah sudah tahu kan bedanya? Sebelum membeli, jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhanmu ya!

 

Leave a Comment