Perhatikan Ini Dulu Sebelum Beli Sepatu Online!

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Menjamurnya e-commerce atau toko yang berbasis online membuat budaya belanja online pun merambah ke berbagai produk, termasuk sepatu. Produk sepatu yang dipamerkan di toko online memang kerap kali mengundang minat para calon pembeli, terutama wanita. Akan tetapi, tak sedikit yang kecewa setelah barang sampai di rumah.

Beberapa kasus gagal yang sering kali terjadi saat membeli sepatu online antara lain ukuran sepatu yang ternyata kebesaran atau kekecilan, bahan sepatu yang tidak sesuai dengan gambar, jahitan atau sol sepatu yang mengecewakan, bahkan hingga ke masalah penipuan! Hih serem!

Agar kamu tidak mengalaminya, perhatikan hal-hal berikut ini saat kamu membeli sepatu online.

1. Cek kredibilitas toko sepatu online

Belanja online tentunya mengandalkan kepercayaan. Jangan asal beli. Sebaiknya, kamu teliti dulu kredibilitas toko sepatu online tujuan kamu. Caranya, kamu bisa mencari testimoni pelanggan yang pernah berbelanja di tempat tersebut. Jika tokonya terdapat di Instagram, kamu bisa melihat komentar yang tertera di setiap foto. Biasanya, jika toko tersebut bermasalah, ada saja pelanggan yang mengomentari secara terbuka lewat kolom komentar. Jika ingin lebih aman, kamu bisa mencari lewat google toko-toko sepatu online terpercaya.

2. Ukur kaki kamu dengan template toko tujuan

Kedua juga penting banget. Kamu harus mengukur dengan benar kaki kamu dengan template yang sudah disediakan. Cari informasi bagaimana cara mengukur kaki di toko tersebut. Jika tidak ada, jangan ragu untuk menanyakannya terlebih dahulu.

Biasanya, kamu harus berdiri di atas kertas putih dengan posisi tegak dan tumit yang merapat ke tembok. Minta teman atau saudara kamu untuk menggambar cetakan telapak kaki kamu. Setelah itu ukur panjangnya dari ujung jempol hingga tumit. Itulah panjang kaki kamu.

3. Perhatikan panjang kaki dengan ukuran sepatu

Setelah selesai mengukur panjang kaki, kamu juga harus tahu berapa nomor sepatu kamu di toko tujuan. Pada beberapa toko sepatu lokal kadang berbeda dengan ukuran sepatu umumnya. Misalnya, ukuran 38. Jika biasanya ukuran ini memiliki panjang kaki 23 cm, ada toko yang menggunakan ukuran sendiri. Entah lebih pendek atau lebih panjang. Karena itu, ini sangat penting ditanyakan terlebih dahulu sebelum membeli sepatu online. Kamu bisa cari di FAQ e-commerce tersebut atau menanyakannya pada bagian pelayanan toko online itu.

4. Tanyakan mendetail

Ingat, foto katalog tentu sudah mendapat banyak sentuhan agar terlihat menarik. Karena itu, bisa saja warna aslinya lebih turun dari pada di foto yang terlihat. Kamu harus mengecek secara detail soal bahan, warna dan jahitan sol sepatu incaran kamu. Jika tidak ada keterangan mendetail pada foto, kamu wajib tanya ke penjual. Jangan takut bertanya mendetail karena itu hak kamu sebagai calon pembeli. Tapi, kamu juga harus beretika dalam bertanya dan sebagai calon pembeli cerdas, biasakan mengecek dulu keterangan foto atau FAQ yang ada.

5. Apakah bisa ditukar?

Kebanyakan toko sepatu online tidak menerapkan sistem pengembalian sepatu apa pun kondisinya. Pengusaha sepatu lokal, terutama yang memang memproduksi sendiri semuanya, meminimalisasi kerugian dengan cara ini. Sepatu yang baru dibuat saat ada pemesanan tidak mengizinkan kamu menukar barang. Namun tidak menutup kemungkinan jika kamu membeli di toko sepatu yang menjual sepatu grosiran atau sepatu jadi. Kamu harus tahu secara seksama masalah ini agar tidak menyesal. Lihat ketentuan dan tanyakan jika kurang jelas tentang ini.

Nah, asal kamu waspada, belanja sepatu online juga asik dan aman kok.

Leave a Comment