10 Designer Muslim Asal Indonesia Tampil di Mercedes-Benz Fashion Week Russia 2020

Koleksi Angggia X Beadstown Koleksi Angggia X Beadstown ( Foto: Istimewa )

Muslimahdaily - Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) akan digelar lagi pada tahun 2020 ini. Dalam salah satu rangkaian kegiatannya, ISEF turut mendukung 10 fashion designer dalam ajang Fashion Show Mercedes-Benz Fashion Week Russia 2020 yang kabarnya akan diadakan secara virtual pada hari ini, Jum’at, 23 Oktober.

Para fashion designer yang akan meramaikan acara tersebut merupakan anggota Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA). 10 fashion designer tersebut di antaranya, yakni Vivi Zubedi, Wignyo x rorokenes, Agung Bali Collection x Bahalap, Adhy|Alle, Roemah Kebaya Vielga, Thiffa Qaisty, IR & IR, Ina Priyono, Defika Hanum x PALA Nusantara, dan Anggia x Beadstown.

Pada virtual press conference yang digelar pada Kamis (22/10) kemarin, Kepala Departemen Ekonomi & Keuangan Syariah Bank Indonesia, M. Anwar Bashori turut mendukung Fashion Week Russia 2020. Ia mengatakan bahwa sektor fashion muslim dalam waktu 5 tahun belakangan ini terlihat semakin meningkat.

Sama halnya dengan Anwar, Ali Charisma selaku ketua Indonesia Fashion Chamber (IFC) mengatakan bahwa Fashion Week 2020 ini merupakan kesempatan besar bagi Indonesia untuk menunjukkan kepada dunia bahwa negara Indonesia juga mempunyai daya saing dalam pasar global.

Tentunya kesempatan ini dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh para fashion designer dengan menunjukkan koleksi terhebatnya, salah satunya Wignyo. Ia mengusung tema monokrom tahun 2000an.

Baginya, gaya monokrom ini adalah gaya yang awet sepanjang masa. Gaya ini akan ia aplikasikan dalam ragam long dress, outer, long coat dan lain sebagainya.

Lain halnya dengan Ina Priyono yang mengusung tema portionate. Tema tersebut bermakna keseimbangan dalam mengatur keluarga, karir dan lain sebagainya. Dengan kombinasi corak Tiongkok dan Jawa serta ulasan batik tulis membuat koleksi Ina terlihat elegan dan simpel.

Untuk aksesoris sendiri, Rosita dari Beadstown memaparkan koleksinya terinspirasi dari sebuah canting, alat tradisional untuk membatik. Motifnya yang unik berbentuk seperti lekukan kain dengan warna tembaga yang teroksidasi membuat aksesoris anting dan kalung ini semakin elegan dipakai oleh anak muda serta wanita karir.

Diharapkan acara Fashion Show Mercedes-Benz Fashion Week Russia 2020 yang akan diselenggarakan besok menjadi sebuah peluang besar untuk Indonesia dalam meningkatkan kegiatan ekspor.

"Tak hanya menjual barangnya, tapi menjual nilai konsepnya," begitu ucap M. Anwar Bashori.

Leave a Comment