Begini Cara Memilih Model Baju Sesuai Dengan Bentuk Tubuh

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, pernah enggak sih kamu mencoba baju yang modelnya sangat lucu, tetapi ternyata tidak cocok bagi tubuhmu? Nah, sebetulnya bukan tubuhmu yang salah. Namun, kamu belum bisa menyesuaikan cara berpakaian dengan bentuk tubuhmu.

Mengenakan pakaian yang pas adalah bagian dari mode berpakaian. Makanya supaya penampilanmu terlihat sempurna, kamu perlu memilih baju yang sesuai dengan lekukan tubuhmu.

Jangan risau, Muslimahdaily punya tips untuk tahu cara memilih model baju sesuai yang akan membuat gaya berpakaianmu lebih baik lagi. Simak berikut ulasan tipsnya, ya.

1. Bentuk tubuh buah pir (segitiga ke atas)

Umumnya, bentuk tubuh wanita itu berbentuk buah pir. Tipe tubuh ini, lebar pinggulnya lebih mendominasi dibandingkan lebar bahunya. Banyak orang bertubuh ramping akan tetapi terlihat berisi karena bagian belakangnya agak lebih besar.

Untuk menyiasatinya, bentuk tubuh ini bisa menyeimbangkan antara lebar bahu dan pinggul. Kamu bisa menggunakan celana atau rok yang melebar di bagian bawah.

Pilihlah baju atasan yang longgar agar terlihat lebih cantik. Jangan gunakan rok atau celana yang ketat agar bagian pinggulmu tidak terlihat lebih besar.

2. Bentuk tubuh buah apel

Wanita bertipe tubuh seperti buah apel memiliki bagian atas tubuhnya lebih besar dibandingkan bagian bawah. Ciri-ciri tubuhnya itu bahunya lebar, lingkar dadanya lebih besar serta bokongnya agak kecil.

Bagi Sahabat Muslimah yang mempunyai bentuk tubuh bak buah apel, kamu dapat menggunakan atasan berbentuk V yang mana guna menyamarkan lebarnya bahu. Dianjurkan untuk memakai baju berwarna gelap, sedangkan warna yang cerah dibiarkan khusus untuk tubuh bawah.

Hindari pakaian yang ketat seperti legging, celana pensil dan lain sebagainya. Jauhi pakaian dengan corak berlebihan sebab akan bikin tubuhmu terlihat ramai.

3. Bentuk tubuh seperti segitiga terbalik

Bentuk tubuh yang ketiga ini disebut-sebut berbadan atletis sahabat. Sebab, bagian bahu sangat lebar daripada pinggulnya.

Tips yang perlu kamu lakukan ialah menggunakan atasan berupa kaos atau baju yang bahannya jatuh. Kamu tidak usah menambah busa pada bagian bahu di baju atau blazer. Pakailah celana yang berpotongan lebar seperti semi boot cut atau rok bermodel A-line, ya.

4. Bentuk tubuh jam pasir (berbentuk X)

Konon katanya, wanita dengan bentuk tubuh jam pasir dianggap ideal. Lantas bentuk tubuhnya sudah bagus, kamu hanya perlu memakai dress yang sesuai dengan bentuk tubuh. Tambahkan aksesoris ikat pinggang, kemudian pasang di bawah pusar. Penampilanmu akan terlihat lebih mempesona dari sebelumnya.

Wanita berbentuk tubuh X ini disarankan untuk tidak berpakaian atasan yang longgar sebab akan membuat tubuh menjadi lebih besar. Hindari juga penggunaan atasan yang terlalu ketat.

5. Bentuk tubuh seperti pisang (persegi panjang)

Wanita yang memiliki tubuh seperti pisang ini, lebar antara bahu dan pinggannya sama sehingga bentuknya menyerupai persegi panjang. Kebanyakan wanita yang memiliki tubuh persegi panjang ini tidak punya lekukan di bagian pinggang. Jadi, dari bagian bahu hingga pinggang itu hanya lurus saja.

Tipe tubuh ini bagian dada dan bokongnya cenderung rata atau kecil. Maka dari itu, perlunya memakai baju yang bisa menutupi garis figur.

Sebaiknya, kamu yang bertipe tubuh pisang memilih baju berlapis-lapis, bisa memakai blazer atau outer berlengan panjang. Lalu, gunakan rok berbentuk A. Kamu tidak perlu menambahkan aksen di bagian pinggang seperti ikat pinggang, ya.

Nah, itu dia beberapa tips agar kamu tidak salah lagi dalam memilih baju. Sebetulnya apapun bentuk lekuk tubuhmu asalkan kamu percaya diri, kamu bisa mengenakan model baju sesuai dengan keinginanmu, kok.

Leave a Comment