Resep Masakan Donat Mungil Untuk Bingkisan Ulang Tahun Yang Anti Mainstream

Ilustrasi Ilustrasi

 

Muslimahdaily - Begitu banyak resep masakan saat ini dari berbagai wilayah, baik dari dalam negeri, maupun adopsi dari luar negeri. Resep masakan tersebut disajikan baik dalam bentuk media elektronik maupun media cetak. Resep masakan yang ada saat ini telah mengalami banyak pergeseran. Misalnya masakan yang sudah dikombinasi sehingga menciptakan masakan dengan rasa yang baru, resep masakan antara Indonesia dikombinasikan dengan resep masakan ala barat. Namun bukan hanya masakan menu utama saja, melainkan banyak pula resep masakan kue yang diolah menjadi tampilan kue yang kekinian dan anti mainstream.

Sebut saja kue ulang tahun. Tampilan kue ulang tahun yang semakin beragam tak membuat seseorang kehilangan kesempatan untuk berkreasi membuat kue ulang tahun yang berbeda. Sebetulnya sudah banyak kue ulang tahun yang beredar di pasaran, misalnya kue blackforest, brownies, rainbow cake yang dihias menjadi sebuah kue ulang tahun. Namun bagi beberapa orang, kue tersebut sudah terlalu biasa untuk dijadikan sebagai bingkisan ulang tahun.

Sebetulnya sudah banyak resep masakan untuk membuat kue ulang tahun. Namun bagi anda yang pemula dalam hal membuat kue ulang tahun untuk menghindari kegagalan, sebaiknya anda membeli saja di toko kue. Apabila anda ingin berkreasi membuat bingkisan kue ulang tahun tanpa harus ribet seperti membuat kue pada umumnya, anda bisa mencoba resep masakan donat mungil.

Mungkin di beberapa daerah donat mungil sudah tak asing lagi bagi para penggemar donat. Agar kekinian dan anti mainstream, anda bisa mengkreasikan donat mungil tersebut sebagai pengganti kue ulang tahun pada umumnya. Nantinya, donat mungil bisa anda hias dengan berbagai karakter yang anda inginkan.

Kalau begitu, langsung saja kita menyimak resep membuat donat mungil (baby donuts) berikut ini.

Bahan:

- 1 sdt (50 gr) cuka apel atau cuka putih, boleh ada atau tidak.
- 2/3 cups (160 gr) susu cair
- 1 sdt (4 gr) ekstrak vanili cair
- 3 sdm (30 gr) minak kelapa atau minya sayur
- 1 cups (130 gr) tepung terigu atau tepung gluten free
- 1 ½ sdt baking powder
- Bisa juga ditambahkan ragi atau yeast
- 1 sdm ekstrak stevia murni atau splenda, bisa diganti dengan gula tebu biasa
- ¼ sdt garam
- Cooking dark chocolate dilelehkan untuk topping atasnya, bisa diganti dengan margarine saja

Cara Pembuatan:

- Pertama, campurkan empat bahan diatas dalam mangkuk kecil (bahan cair seperti minyak, cuka, susu cair, dan ekstrak vanili cair)
- Aduk hingga semua bahan tercampur merata
- Panaskan panggangan waffle dan olesi minyak atau margarine, apabila ingin digoreng siapkan wajan dan panaskan minyak.
- Dalam mangkuk besar, gabungkan semua bahan lalu aduk hingga rata
- Lalu tuangkan adonan basah pada adonan kering
- Aduk hingga rata lalu campurkan.
- Tunggu adonan hingga mengembang, kurang lebih 10-15 menit
- Ambil sedikit demi sedit adonan, bentuk bulatan
- Setelah itu masukkan ke dalam panggangan donat atau langsung digoreng. Apabila menggoreng, warna donat harus merata di kedua sisi.
- Panggang sampai matang sekitar 5 menit kemudian keluarkan atau goring hingga kuning kecoklatan
- Celupkan atasnya ke dark cokelat yang sudah dilelehkan atau olesi margarine dan hias sesuai dengan selera anda

Anda juga bisa menghiasi donat mungil dengan berbagai karakter, misalnya kartun, inisial, dan lain sebagainya. Berikut resep masakan donat mungil untuk bingkisan ulang tahun yang anti mainstream dan selamat mencoba.

Leave a Comment