Gurih dan Enak, Camilan Biji Kuaci Ternyata Simpan Rahasia Sehat ini

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Melihat sepintas bentuknya yang mungil dan tidak mengenyangkan, siapa sangka jika biji kuaci ternyata menyimpan sejumlah khasiat luar biasa besar bagi kesehatan. Biji-biji yang dihasilkan dari bunga matahari ini mengandung lemak sehat yang dapat mendukung kesehatan tubuh. Seperti kesehatan organ jantung, hingga cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet sehat.

Berikut adalah rahasia sehat yang tersimpan di dalam biji kuaci atau biji bunga matahari :

1.Sumber vitamin E

Biji bunga matahari atau kuaci merupakan salah satu sumber vitamin E yang sehat dan alami. Vitamin E digunakan oleh tubuh untuk menetralisir radikal bebas yang dapat merusak struktur sel tubuh.

Dengan kandungan vitamin E yang bersifat antioksidan dan anti-inflamasi, maka tubuh akan terlindungi dari berbagai gejala penyakit. Seperti asma, osteoartritis, reumatik, dan peradangan lainnya.

2.Mencegah penyakit jantung

Seperti yang sedikit disinggung di atas, penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung biasanya terjadi karena penyumbatan arteri atau pembuluh darah menuju jantung disebabkan oleh kolesterol jahat.

Jika kolesterol melekat pada dinding pembuluh darah, aliran darah menuju jantung akan tersumbat hingga memicu serangan jantung atau stroke. Nah, biji kuaci mengandung vitamin E yang berperan dengan sifat antioksidan untuk mencegah terjadinya oksidasi kolesterol pada dinding arteri darah.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan jumlah vitamin E yang baik berisiko lebih rendah serangan jantung daripada orang yang mendapatkan sedikit asupan vitamin E.

3.Menurunkan kolesterol

Fitosterol adalah senyawa yang ditemukan pada tanaman dengan struktur kimia yang sangat mirip dengan kolesterol. Jadi, jika fitosterol dalam makanan kadarnya telah mencukupi, maka tubuh akan segera mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Sehingga mengurangi risiko kanker tertentu dan menambah sistem kekebalan tubuh.

Menurut studi yang dirilis pada Jurnal Pertanian dan Kimia Pangan di Amerika Serikat, ekstraksi biji kuaci memiliki kandungan penurun kolesterol yang sehat sebesar 270-289 mg / 100 g. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi biji wijen, atau biji labu.

4.Menenangkan saraf dan otot

Biji bunga matahari adalah sumber magnesium yang baik. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu mengurangi tingkat keparahan  asma, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah sakit kepala migrain, serta mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Tak hanya itu, tentunya magnesium dikenal luas sangat baik untuk membantu produksi tulang dan energi yang sehat. Biji bunga matahari akan membantu menenangkan saraf sehingga dapat meredakan kelelahan atau ketegangan otot.

5.Detoks dan mencegah kanker

Berkat khasiat selenium yang terdapat pada biji kuaci, studi menunjukkan bahwa sel kanker pada hewan dapat diatasi dengan baik. Selenium terbukti dapat memperbaiki sel-sel yang telah rusak akibat kanker dan menghambat perkembangan sel-sel kanker.

Jadi, untuk apa ragu? Jadikan biji kuaci atau biji bunga matahari sebagai camilan yang lezat dan bergizi yang mendorong kesehatan Anda lebih baik dalam jangka panjang. Biji kuaci dapat dikonsumsi secara teratur sebanyak seperempat mangkuk atau satu genggam dengan berbagai cara.

Anda bisa menikmati langsung sebagai camilan sehat di saat santai sore yang indah. Atau menaburkan biji kuaci di atas sereal sarapan pagi, smoothies hingga bubur. Biji kuaci yang kaya manfaat dan nutrisi, akan membuat Anda lebih bersemangat dan berenergi sepanjang hari.

Nah, jangan remehkan lagi bentuk biji kuaci yang mini, karena rupanya tersimpan rahasia sehat yang luar biasa besar bagi tubuh kita. Selamat menikmati biji kuaci ya.

Last modified on Kamis, 17 Januari 2019 03:31

Leave a Comment