Rekomendasi 5 Makanan Khas Betawi di Jakarta yang Legendaris

By March 13, 2019 0
Asinan Betawi Asinan Betawi ( Foto : Shutterstock )

Muslimahdaily - Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan kuliner tak terbantahkan. Salah satunya adalah kuliner asli dari ibukota, Jakarta. Warga Betawi atau masyarakat asli Jakarta juga menyimpan kekayaan warisan kuliner luar biasa memanjakan lidah.

Bahkan, beberapa jenis makanan khas Betawi turut menjadi ikon kuliner ibukota ketika mengadakan pameran atau festival kuliner di dalam negeri atau mancanegara. Buat kamu yang ada di luar daerah dan akan berkunjung ke Jakarta, jangan lupa untuk mencicipi beberapa kuliner khas Betawi yang legendaris berikut ini ya.

1. Bubur Asinan

Jangan beranggapan bahwa ini hanya bubur biasa, Bubur Asinan khas Betawi ini cukup legendaris sejak tiga dekade silam. Bubur terbuat dari beras ini dilengkapi lauk berupa sayuran, dengan siraman kuah semur.

Sayurannya terdiri dari sawi asin, tauge, timun serta lobak. Kemudian, bubur disiram kuah semur kecoklatan yang gurih manis. Serta ada tahu yang dipotong – potong dan irisan daging sapi. Ada juga yang menambahkan telur atau pilihan lain sesuai selera. Bubur asinan akan semakin paripurna dengan tambahan sambal, kacang dan kerupuk merah.

2. Kerak Telor

Tak lengkap berkunjung ke ibukota Jakarta, tanpa menikmati kuliner khas Betawi, Kerak Telor. Makanan yang hanya ada di event atau festival tertentu ini bisa dinikmati dengan aroma yang sedap dan gurih.

Dibuat dari beras ketan kemudian, ditambah telor bebek atau telor ayam, serta taburan bawang goreng. Tak lupa, diberi taburan ikan teri, ebi, kelapa sangrai, dan bumbu – bumbu rempah lainnya.

3. Soto Betawi

Kuliner khas Betawi lainnya yang tak kalah menggoda lidah adalah Soto Betawi. Yang membuat Soto Betawi berbeda adalah bumbu – bumbu rempah yang kaya dengan perpaduan kuah santan yang gurih. Menciptakan aroma soto yang sangat wangi dan sedap.

Di dalamnya, terdapat pelengkap seperti jeroan, daging sapi, hati sapi, toperdo serta ada irisan daun bawang, tomat, kentang, bawang goreng dan seledri. Sebelum menyantapnya, tambahkan juga air jeruk nipis, kecap serta sambal. Wah, mantap!

4. Laksa Betawi

Sejenis mie putih atau bihun yang diberi taburan seperti ketupat, kucai, daun kemangi dan irisan daging. Kemudian, penyajiannya akan disiram dengan kuah sedap dan gurih berwarna kekuningan. Kuah ini dibuat dari udang rebon yang gurih dan bernutrisi.

Rasanya tak perlu ditanya lagi. Gurih, sedap dan segar. Apalagi, bila ditambahkan sambal. Semakin mantap menggoda perut.

5. Nasi Uduk

Kalau nasi yang satu ini tentu sudah banyak dikenal di berbagai daerah. Nasi Uduk khas Betawi sebenarnya adalah nasi gurih atau nasi yang diberi bumbu santan saat mengolahnya sehingga rasanya gurih dan sedap.

Tak lupa, untuk penyajian seporsi nasi uduk akan dilengkapi lauk seperti ayam goreng, sambal goreng tempe, bihun goreng, sambal dan taburan bawang goreng. Dijamin kamu bakal ketagihan.

Jadi orang Indonesia, jangan sampai kamu tak pernah mencicipi kuliner asli Nusantara apalagi makanan khas Jakarta. Mana nih kuliner yang mau kamu coba terlebih dahulu?

Last modified on Wednesday, 13 March 2019 11:04

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama