7 Hidangan Wajib Saat Lebaran, Sudah Coba?

By June 6, 2019 0
Opor Ayam Opor Ayam ( Foto : popmama )

Muslimahdaily - Lebaran menjadi momen penting dan istimewa yang ditunggu oleh banyak orang untuk berkumpul dan bercengkrama dengan sanak saudara. Kurang lengkap rasanya jika silaturahmi kita tidak ditemani dengan makanan atau cemilan.

Makanan khas lebaran juga menjadi hal unik yang selalu dirindukan. Misalnya saja untuk menyambut anggota keluarga yang habis dari perantauan, menyajikannya untuk makan bersama keluarga besar atau juga sebagai buah tangan untuk mereka.

Dilansir dari berbagai sumber, yuk simak 7 ulasan makanan wajib lebaran yang pasti ada saat lebaran.

1. Ketupat

Ketupat menjadi makanan wajib yang ada saat hari raya Idul Fitri dan biasaya disantap setelah menunaikan shalat Ied oleh masyarakat muslim di Indonesia. Makanan berbahan dasar beras yang dibungkus dengan daun kelapa muda serta dianyam sedemikian rupa ini, selalu menjadi menu wajib saat lebaran. Sebagai pengganti nasi ketupat sering disajikan bersama opor ayam dan juga ketupat sayur.

2. Opor Ayam

Opor ayam menjadi teman sajian yang sangat cocok disantap bersama dengan ketupat. Olahan daging ayam yang direbus santan dan rempah-rempah pilihan, membuat daging terasa empuk serta santan yang gurih menjadi perpaduan sangat nikmat. Apalagi bila dimakan bersama keluarga dan sanak saudara.

3. Rendang

Rendang merupakan salah satu hidangan yang menjadi makanan terlezat di dunia. Selain itu, rendang juga menjadi sajian wajib yang lezat dengan ketupat. Menu olahan daging yang direbus bersama santan kental hingga mengering serta diberi bumbu-bumbu pilihan membuatnya terasa gurih dan juga nikmat.

4. Sambal Goreng Kentang

Untuk kamu yang suka pedas, sambal goreng kentang bisa jadi pilihanmu saat lebaran. Potongan kentang yang dicampur dengan hati sapi, ampela, petai dan juga wortel ini dimasak dengan bumbu pilihan sehingga menghasilkan cita rasa gurih dan juga pedas. Makanan ini sangat nikmat disantap bersama dengan sayur lodeh dan juga ketupat.

5. Sayur lodeh

Selain gulai, biasanya sebagian orang memilih sayur lodeh sebagai makanan berkuah untuk ketupat. Beda halnya dengan gulai, sayur lodeh memiliki rasa santan yang tidak terlalu kental sehingga terasa lebih segar.

6. Semur daging

Semur daging menjadi makanan wajib yang selalu ada saat perayaan hari-hari besar di Betawi, salah satunya saat lebaran. Masyarakat Betawi biasanya memasaknya dengan daging kerbau yang diberi bumbu, seperti kecap, bawang merah, cengkeh, pala, merica dan juga garam sehingga memiliki cita rasa manis, gurih serta pedas.

7. Nastar

Setelah selesai menyantap makanan utama, yaitu ketupat dan lainnya, bercerita bersama sanak saudara tanpa ditemani dengan cemilan belumlah sempurna rasanya. Salah satu kue khas yang menjadi ciri khas lebaran, yaitu nastar. Kue yang terbuat dari campuran tepung, butter, susu dan juga selai nanas ini menjadi salah satu makanan yang wajib ada saat lebaran.

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama