Cobain Resep Infused Water Ala Rasulullah, Yuk!

By June 14, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Saat ini infused water sedang populer di kalangan masyarakat. Minuman ini dipercaya dapat membantu proses menurunkan berat badan serta membuat tubuh menjadi lebih sehat. Namun, siapa sangka ternyata infused water sudah dikenal sejak zaman Rasulullah, lho.

Berbeda dengan infused water kekinian yang mencampur buah-buahan segar, seperti jeruk nipis dan lemon, infused water ala Rasulullah menggunakan buah kurma dan kismis yang biasa disebut dengan air nabeez.

Dari Ibnu Abbas Radhiyalahu‘anhu, ia berkata, "Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa sallam pernah dibuatkan rendaman kurma atau kismis dalam satu bejana, kemudian beliau minum rendaman tersebut pada hari itu, juga esok harinya dan keesokannya harinya. Pada sore hari ketiga beliau memberi minuman tersebut kepada yang lain, jika masih ada yang tersisa, beliau pun menuangnya.”

Air nabeez cocok diminum saat sahur maupun malam hari setelah berbuka puasa. Meminum air nabeez secara rutin ada banyak manfaatnya, lho! Apa saja sih? Yuk, simak yang berikut ini.

1.Bisa Membantu Proses Detoksifikasi

Dilansir dari deerham.com, air nabeez merupakan minuman beralkali. Maksudnya, minuman ini mampu menyeimbangkan kandungan asam serta memperbaiki sistem pencernaan tubuh. Selain itu, air nabeez juga dapat membantu mendetoksifikasi tubuh dengan menyingkirkan racun yang berbahaya.

2.Menghilangkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Air nabeez kaya akan serat di dalamnya. Serat tersebut ampuh untuk menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga dapat membantu proses pencernaan dan meredakan sembelit. Selain itu, air nabeez juga diyakini dapat meningkatkan ketajaman pikiran.

Baca juga : 5 Fakta Menarik Tentang Kurma yang Kamu Mungkin Belum Pernah Tahu! 

3.Menstabilkan Tekanan Darah

Kandungan kalium yang terdapat dalam air nabeez sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung serta menstabilkan tekanan darah. Kalium juga mampu membuat tubuh tidak mudah lelah saat berolahraga.

4.Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Air nabeez juga mengandung zat besi. Zat besi sangat bermanfaat bagi kestabilan metabolisme protein, menjaga produksi hemoglobin dan sel darah merah, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan meminum air nabeez secara rutin, maka tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit.

Nah, itulah beberapa manfaat air nabeez bagi kesehatan tubuh. Lalu, bagaimana cara membuat air nabeez ala Rasulullah? Yuk, intip resep dari dokter Thibbun Nabawi, Zaidul Akbar.

Alat dan Bahan:
-Beberapa butir kurma, sebaiknya berjumlah ganjil
-Gelas atau wadah tertutup
-Air putih matang

Cara membuat:
1.Tuangkan air putih matang ke dalam gelas atau wadah.
2.Masukkan kurma yang sudah bersih dari biji.
3.Tutup wadah yang sudah dimasuki kurma.
4.Diamkan selama 8-12 jam.
5.Air nabeez siap dinikmati.

Selamat mencoba!

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama