Benarkah Banyak Konsumsi Makanan Pedas Bisa Kurus ?

By September 18, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Makanan pedas, masih menjadi primadona dikalangan para pencinta kuliner. Namun tahukah kamu, dibalik rasa pedasnya cabai ternyata menyimpan khasiat luar biasa bagi kamu yang ingin membakar kalori lebih banyak.

Zat Capsaisin pada cabai akan membantu dalam mengurangi berat badan yang berlebih. Capsaisin pada cabai merupakan suatu komponen aktif dari tanaman cabai yang termasuk ke dalam subfamili dari capsicum. Zat tersebut memiliki peran dalam pengembangan progresif sel-sel kanker, dan penurunan risiko kematian dini.

Dilansir dari laman Bintang.com, menurut David Popovich, seorang ahli gizi dari Massey University, Selandia Baru, “ Intinya adalah bahwa setiap jenis menu nabati yang kamu konsumsi akan menyehatkan tubuh. Tapi , cabai adalah menu yang bermanfaat untukmu, kalau kamu menjadikannya sebagi rempah.”

Maria Juliana, founder  komunitas Thistemporary juga berpendapat hal yang sama. Melalui akun Instagram @thistemporary, Maria berpendapat jika mengkonsumsi makanan pedas ada dua hal kemungkinan yang terjadi.

Pertama, makanan pedas dapat membakar lebih banyak kalori;

Makanan pedas dapat meningkatkan pembakaran kalori tubuh, dalam Jurnal Chemical Sense menujukkan bahwa makanan pedas yang kaya akan bumbu rempah-rempah dapat meningkatkan suhu tubuh hingga akhirnya dapat meningkatkan jumlah energi.

Akan tetapi, peningkatan pembakaran kalori tidak bekerja pada seluruh organ tubuh dan mungkin tidak berlangsung lama karena tubuh dapat menoleransi panas.

Kandungan capsaisin pada cabai dan lada dapat meningkatkan metabolisme dan dapat menghasilkan panas dalam tubuh setelah menyantap olahan makanan pedas.

Sehingga, kalori dan lemak yang dibakar saat tubuh mencerna makanan pedas dapat lebih banyak dibandingkan satt mengkonsumsi makanan yang tidak pedas.

Kedua, makanan pedas dapat meningkatkan nafsu makan ;

Maria menjelaskan, mengonsumsi makanan pedas dapat menurunkan nafsu makan. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Chemical Sense Tahun 2012, cabai merah dapat membantu mengurangi keinginan untuk menyantap makanan yang berlemak, manis, dan asin. Dalam penelitian lain  yang diterbitkan pada Jurnal Appetite 2014 menunjukkan, makanan pedas dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga kemungkinan makan berlebih menjadi berkurang.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama