5 Jajanan Khas Daerah Yang Akrab di Lidah Masyarakat

Bakso Cuanki Bakso Cuanki ( Foto : qraved/eddydye )

Muslimahdaily - Bagi pecinta kuliner yang suka icip-icip jajanan kaki lima tentu nggak asing dong dengan sejumlah jajanan daerah yang sering dijajakan oleh pedagang kaki lima. Jajanan daerah dengan cita rasa yang khas serta harga yang ramah di kantong pasti menjadi incaran untuk dijadikan sebagai menu camilan harian.

Nah, jajanan daerah apa aja sih yang akrab di lidah masyarakat hingga saat ini? Mungkin salah satunya merupakan favorit kamu. Berikut lima di antaranya.

Leker

Kue Pisang khas Surabaya ini sudah melegenda di jajaran pedagang kaki lima. Kulit adonan yang terbuat dari campuran telur, tepung terigu, susu, gula dan air ini dipadukan dengan potongan pisang dan coklat tabur. Harganya juga terbilang murah lho!

Pempek

Pempek merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan dipadukan dengan tepung kanji. Biasanya untuk kombinasi isi, sering ditambahkan komposisi lainnya seperti telur. Hampir di setiap daerah menjual jajanan yang satu ini. Entah dijual di restoran, warung pingkir jalan, atau bahkan pedagang keliling sekali pun.

Pentol

Pentol merupakan jajanan tradisional yang hingga kini disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Terbuat dari tepung kanji dengan campuran daging, pentol memiliki rasa yang enak dan harga yang relative murah. Saat ini banyak variasi pentol yang dijual oleh pedagang kaki lima. Mulai dari pentol kanji, pentol itu telor puyuh, pentol tahu, pentol siomay, hingga pentol goring.

Pancong

Kue Pancong merupakan pangan khas dari Betawi. Kue ini berbahan dasar tepung besar atau tepung ketan yang dipadukan dengan kelapa. Kue Pancong dimasak dalam cetakan panjang yang berbentuk balok, setelah matang diberi taburan gula pasir di atasnya. Seiring berjalannya waktu, banyak penjual yang memberikan viariasi topping yang beragam. Mulai dari cokelat, keju, strawberry, hingga cokelat Nutella sekali pun.

Bakso Cuanki

Bakso khas kota Bandung ini juga sering ditemukan diberbagai daerah. Nah, kalian tahu nggak sih kalau Cuanki merupakan kepanjangan dari “cari uang jalan kaki”, lho! Atau dalam kata lain diartikan sebagai berjualan dengan gerobak gendong atau dipikul sambil jalan-jalan. Untuk isiannya sendiri, biasanya Cuanki memiliki isian tahu, tahu goreng, tahu isi bakso, dan juga siomay. Cita rasa yang gurih dan harga yang pas dikantong, dijamin deh bikin ketagihan!

Jajanan masa yang jadi favorit kamu?

Leave a Comment