Dapat Picu Kanker, Makanan Ini Harus Kamu Hindari

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Kanker merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Banyak hal yang dapat memicu kanker, salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat. 

Makanan yang kita makan sehari-hari juga tanpa disadari dapat menjadi penyebab pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Dilansir dari alodokter.com, menurut penelitian, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat meningkatkan resiko berkembangnya kanker di dalam tubuh, antara lain:

1.Daging Merah

Daging sapi, daging babi, dan daging kambing masuk daam kategori daging merah.  Daging-daging tersebut memang menjadi sumber protein dan mineral yang baik, namun mereka mengandung lemak jenuh dan kolestelor yang tinggi.

Dilansir dari alodokter.com, Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (AIRC) mengatakan bahwa mengkonsumsi daging merah terlalu banyak dapat memperbesar peluang seseorang untuk terkena kanker. Selain itu, produkolahan daging merah seperti ham, sosis, bacon dan daging asap dikategorikan sebagai bahan karsiogenik. Artinya, bahan makanan tersebut mengandung zat yang dapat menyebabkan kanker.

Cara mengolah daging merah tersebut juga bisa mnjadi pemicu tumbuhnya kanker. Memanggang, membakar, dan mengogoreng daging diduga dapat memproduksi zat yang bersifat karsiogenik.

2.Makanan dan Minuman Instan

Penelitian mengatakan bahwa sebagian kemasan makanan ringan mengandung akrilamida, yaitu bahan makana yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, bahan lain yang ditambahakan dalam makanan atau minuman instan juga diduga dapat memicu kanker, antara lain: Pemanis buatan, Bahan pengawet, dan Sodium nitrit.

3.Minuman Keras

Tak hanya dapat menimbulkan kerusakan pada organ tubuh, terlalu banyak meminum alkohol juga  dikaitkan dengan peningkatkan risiko kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker esofagus, kanker payudara, kanker usus, kanker pancreas,serta kanker hati.

Itu dia makanan yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh kita. Maka dari itu, untuk menghindari pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, kita perlu menjalani pola hidup yang sehat dan menjauhi makanan dan minuman pemicu kanker. Rutin berolahraga, mengonsumsi makanan yang sehat, tidak merokok, dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala merupakan cara untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Last modified on Kamis, 12 Desember 2019 14:11

Leave a Comment