Bau Mulut Bikin Kurang Pede? Konsumsi 5 Makanan Ini!

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Bau mulut atau dengan nama lain Halitosis merupakan kondisi di mana sesorang memiliki aroma napas yang tidak sedap. Saat bau mulut melanda rasanya kepercayaan diri ikut menurun saat berbicara dengan orang lain. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bau mulut, seperti halnya menjaga kesehatan gigi.

Namun, tahukah kamu ada makanan yang justru dapat membantu mengurangi bau mulut? Berikut Muslimahdaily rangkum lima di antaranya,

Apel

Penyebab utama bau mulut ialah mulut yang kering. Mengonsumsi buah apel dapat membuat mulut lebih banyak menghasilkan air liur, sehingga terhindar dari kondisi mulut yang kering. Apel juga dapat membuat napas jadi lebih segar lho!

Keju

Mengonsumsi keju setelah makan dapat membantu mentralisir beberapa asam makanan yang tertinggal di gigi sehingga dapat membuat mulut menjadi bau.

Yoghurt

Kandungan prabiotik di dalamnya ampuh untuk membasmi bakteri jahat di dalam mulut. Selain itu, prabiotik juga mampu menurukan kadar hydrogen sulfide yang menyebabkan keluarnya bau tidak sedap dari mulut.

Jeruk

Mengonsumsi buah yang kaya akan Vitamin C seperti jeruk, melon, atau buah beri dapat membantu menghilangkan bau mulut. Selain itu vitamin C dapat membantu memrangi penyakit gusi dan gingivitis.

Air Putih

Melansir dari laman Hellosehat, Juru bicara Academy of Nutrition and Diteteics, Amy Jamieson-Petonic mengatakan, hidrasi yang teratur dapat membuat aroma napas lebih baik. Hal tersebut dikarenakan, air putih dapat melembapkan mulut dan tenggorokan serta membersihkan bakteri penyebab bau mulut dan juga sisa-sisa makanan.

Selain kelima makanan di atas, tetap saja Sahabat Muslimah harus menjaga kesehatan mulut dengan menggosok gigi secara rutin minimal dua kali sehari. Menggosok gigi dapat membersihkan sisa makanan dan juga menyegarkan mulut. Selain itu, hindari pula mengonsumsi makanan yang justru memicu bau mulut seperti bawang, petai, dan lain sebagainya.

Leave a Comment