5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

By February 5, 2020 0
Ilustrasi Ilustrasi ( Foto: Eat Fit Go )

Muslimahdaily - Setelah melakukan olahraga fisik yang berat dan menggunakan banyak energi. Tubuh kita akan membutuhkan waktu untuk pulih kembali dalam jangka waktu 15 hingga 30 menit setelah selesai olahraga. Untuk mengembalikan tingkat energi tersebut, kamu bisa makan sedikit camilan yang tentunya menyehatkan dan bermanfaat bagi tubuh.

Berikut beberapa rekomendadsi makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga yang direkomendasikan oleh Tim Nutrisi dari Medical News Today:

Namun sebelum membahas hal tersebut, perlu diketahui bahwa mengonsumsi makanan setelah olahraga adalah hal yang penting. Karena selama olahraga, otot akan menggunakan glukosa yang tersimpan dalam tubuh yang disebut glikogen sebagai bahan bakar. Oleh karena itu dia akan berkurang. Efek lain dari olahraga tentunya adalah otot kita akan mengeluarkan keringat-keringat kecil pada tubuh.

Mendapatkan keseimbangan nutrisi yang tepat setelah berolahraga akan mengembalikan tingkat energi dan mengurangi kelelahan, membantu tubuh untuk memperbaiki otot serta membangun kekuatan untuk sesi olahraga selanjutnya.

Protein, karbohidrat, dan lemak sehat semuanya penting untuk pemulihan tubuh

Protein

Workout akan mendukung pertumbuhan otot, tetapi tubuh hanya dapat menumbuhkan otot yang ada jika mereka pulih setelah setiap latihan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi protein setelah olahraga. Protein juga akan mencegah hilangnya massa lemak.

Karbohidrat

Karbohidrat adalah makronutrien yang membantu tubuh mengisi ulang dan memulihkan pasokan bahan bakarnya. Jika kamu melakukan olahraga lebih dari tujuh kali seminggu maka mengonsumsi karbohidrat lebih banyak merupakan sesuatu yang penting, karena karbohidrat akan dengan cepat mengisi kembali kadar glikogen dalam tubuh.

Bagaimana dengan lemak?

Beberapa orang beranggapan bahwa mengonsumsi lemak setelah berolahraga akan memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi. Untuk beberapa jenis lemak, ini mungkin benar. Mungkin membatasi asupan lemak setelah berolahraga merupakan ide bagus, tetapi kadar lemak yang rendah tidak akan menghambat pemulihan juga.

Apa yang harus dikonsumsi setelah berolahraga dan mengapa?

Susu Berprotein

Menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017, protein susu sebanyak 9 g mungkin sudah cukup untuk merangsang sintesis protein di otot, tentunya juga membantu pemulihan setelah berolahraga.

Namun selain susu, kamu bisa memilih produk susu yang kaya protein seperti Yoghurt, keju dan kefir. Faktanya, 1 cangkir sajian kefir 9,2 g yang mengandung rendah lemak menjadi sumber protein berkualitas tinggi. Protein ini dapat memperbaiki sel-sel baru, terutama yang ada di otot. Protein ini juga mengandung semua asam amino esensial, yang hanya tersedia melalui makanan.

Pada tahun 2007, beberapa peneliti menemukan bahwa protein berbasis susu lebih efektif sebagai sumber terpercaya dibandingkan protein berbasis kedelai dalam meningkatkan pertumbuhan protein otot setelah latihan ketahanan.

Telur

Hasil penelitian pada tahin 2017 dari sumber terpercaya mengatakan bahwa mengonsumsi telur utuh setelah latihan ketahanan menghasilkan lebih banyak sintesis protein daripada mengonsumsi putih telur dengan kandungan protein yang sama. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa nutrisi dalam kuning telur membantu merangsang otot lebih efektif.

Asam lemak omega-3

Fakultas Kedokteran Universitas Washington menunjukkan bahwa suplementasi dengan asam lemak omega-3 membantu meningkatkan protein pada otot dan meningkatkan ukuran sel otot pada orang dewasa muda dan setengah baya. Kamu bisa mencoba ikan berlemak, seperti salmon yang kaya akan omega 3, begitupun Tuna.

Bukti lain menunjukkan bahwa minyak yang diambil dari ikan berlemak dapat membantu mengurangi nyeri otot setelah latihan ketahanan. Penelitian pada tahun 2016 menemukan bahwa mengonsumsi 6 g minyak ikan setiap hari selama 1 minggu sebelum memulai latihan ketahanan akan membantu mengurangi nyeri otot.

Karbohidrat

Jenis makanan karbohidrat yang bisa kamu makan setelah olahraga adalah Ubi jalar, biji-bijian, dan buah-buahan. Mereka mengandung kadar karbohidrat sehat yang tinggi, seperti halnya quinoa. Quinoa bebas gluten, diklasifikasikan sebagai pseudocereal, dan biasanya dikonsumsi sebagai biji-bijian atau pengganti nasi dan kentang. Kaya protein dan juga memiliki kadar glikemik yang rendah, sangat baik bagi orang yang sedang mengatur kadar gula darah mereka.

Teh herbal

Nutrisi dan senyawa kimia dalam teh herbal, terutama yerba mate, dapat membantu tubuh memproses karbohidrat dan protein secara efektif. Studi pada tahun 2016 membandingkan efek meminum teh yerba mate dengan air setelah berolahraga. Para peserta yang minum yerba mate pulih lebih cepat dalam 24 jam setelah latihan. Pada tahun 2012, para peneliti menemukan bahwa tikus yang diberi ekstrak yerba mate mampu melakukan metabolisme lebih cepat dan mengeluarkan lebih banyak energi daripada mereka yang tidak.

Air Mineral

Sangat penting untuk minum banyak air sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Tetap terhidrasi memastikan bahwa tubuh mendapat manfaat besar dari olahraga. Jumlah air yang dibuthkan tiap orang berbera-beda, tergantung pada jenis olahraga dan faktor lainnya. Jadi perhatikan kebutuhan cairan dalam dirimu ya!

Selamat mencoba, semangat berolahraga!

Last modified on Wednesday, 05 February 2020 17:37

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama