10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Sistem Imun Saat Musim Virus Corona

Healthy food Healthy food (foto:pixabay.com)

Muslimahdaily - Kehadiran virus Corona nampaknya memberikan kesadaran lebih bagi para warga dunia untuk selalu menjaga kesehatan. Banyak orang yang mulai rajin mencuci tangan, berolahraga dan menjaga pola makan sehat.

Hal tersebut tentunya dilakukan sebagai usaha untuk meningkatkan imunitas dan menjaga tubuh agar tetap sehat di tengah merebahnya COVID-19. Jika kamu tertarik untuk mencari makanan alami yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh saat ini, berikut 10 makanan rekomendasi dari laman Health Line:

1. Buah Jeruk

Sebagian orang mungkin akan segera mencari vitamin C ketika mereka terkena flu. Itu semua karena vitamin C dipercaya dapat meningkatkan sistem imun. Vitamin C juga bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang juga berfungsi untuk melawan infeksi.

Beberapa jenis buah citrus yang bisa kamu makan diantaranya, jeruk bali, jeruk keprok, lemon, jeruk nipis dan jenis jeruk lainnya.

Karena tubuhmu tidak bisa memproduksi atau menyimpan vitamin C, maka penting untuk mengkonsumsi vitamin C setiap harinya untuk kesehatan tubuh.

2. Paprika Merah

Paprika merah memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak daripada buah jeruk. Ia juga mempunyai kandungan yang kaya akan beta karoten yang dapat menjaga kesehatan mata dan kulit.

3. Brokoli

Brokoli sangat kaya akan vitamin dan mineral. Mengandung vitamin A, C, dan E, serta banyak antioksidan dan serat lainnya. Itulah alasan mengapa brokoli bisa menjadi salah satu sayuran paling sehat yang bisa kamu sajikan di meja makan. Untuk mempertahankan kandungannya, jangan memasaknya terlalu lama, atau lebih baik tidak dimasak sama sekali.

4. Bawang Putih

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah. Ia juga mengandung konsentrasi senyawa yang tinggi yang mengandung belerang seperti allicin, berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Jahe

Jahe adalah salah satu bahan makanan yang sering digunakan saat sakit. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang lainnya. Selain itu, jahe juga dapat membantu mengurangi mual.

6. Bayam

Tak hanya kaya akan vitamin C, namun bayam juga mengandung banyak antioksidan dan beta karoten, yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mirip dengan brokoli, bayam akan lebih sehat jika dimasak sesedikit mungkin sehingga bisa tetap mempertahankan nutrisinya. Saat bayam dimasak sedikit, itu juga dapat meningkatkan vitamin A dan memungkinkan nutrisi lain dilepaskan dari asam oksalat.

7. Yogurt

Yogurt yang mengandung kultur dapat merangsang sistem kekebalan tubuhmu untuk membantu melawan penyakit. Cobalah untuk membeli yogurt tawar daripada jenis yogurt yang sudah mengandung gula. Jika kamu ingin menambah rasa manis, kamu bisa mencampurkannya dengan buah-buahan sehat atau madu.

Yogurt juga dapat menjadi sumber vitamin D bagi tubuh yang dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Kacang Almond

Kacang almond mengandung vitamin E yang dipercaya sebagai kunci untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Vitamin ini juga larut dalam lemak, artinya membutuhkan kehadiran lemak untuk diserap dengan benar. Kacang-kacangan, seperti almond, dikemas dengan vitamin dan juga memiliki lemak sehat. Satu porsi setengah cangkir, yaitu sekitar 46 almond utuh yang dikupas, menyediakan hampir 100 persen dari jumlah vitamin E harian yang disarankan.

9. Kunyit

Rempah-rempah kuning pahit ini telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai antiinflamasi dalam mengobati osteoartritis dan artritis reumatoid. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan curcumin pada kunyit, yang juga memberikan warna khasnya, dapat membantu mengurangi kerusakan otot yang disebabkan oleh olahraga.

10. Teh Hijau

Baik teh hijau maupun teh hitam pasti dikemas dengan flavonoid, sejenis antioksidan. Selain itu, teh hijau juga mengandung salah satu jenis antioksidan, yaitu epigallocatechin gallate, atau EGCG. EGCG telah terbukti dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Teh hijau juga merupakan sumber asam amino L-theanine yang baik. L-theanine dapat membantu produksi senyawa pelawan kuman di sel T kamu.

Terpenting dari semuanya adalah tetap jaga kesehatan dengan makanan sehat, berolahraga dan memiliki tidur yang cukup.

 

Last modified on Jumat, 20 Maret 2020 22:14

Leave a Comment