Selain Enak, 5 Menu Sahur Ini Bisa Membuat Kenyang Lebih Lama

Ilustrasi sayur sop Ilustrasi sayur sop

Muslimahdaily - Salah satu momen yang paling dinanti dari bulan Ramadhan adalah sahur. Di saat sahur inilah waktu untuk mengisi tenaga yang akan digunakan selama seharian.

Agar tetap kuat dan semangat sapanjang hari, ada baiknya untuk merencanakan menu sahur. Di bawah ini merupakan beberapa menu yang dapat kamu pilih agar rasa kenyang bisa bertahan lebih lama. Yuk simak!

1. Kurma

Kurma merupakan salah satu menu wajib yang disarankan untuk dikonsumsi pada saat sahur oleh Rasulullah. Hal tersebut lantaran kurma mengandung tiga jenis gula yakni, glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Tiga jenis gula tersebut akan menaikkan dan menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh.

Menurut salah satu hadits, Rasulullah menganjurkan untuk mengonsumsi kurma dalam bilangan ganjil pada sahur dan berbuka.

2. Sayur sop

Menu kedua adalah sayur sop. Tak hanya enak, sayur sop juga dapat menambah nafsu makan. Selain itu sayur sop akan membuatmu kenyang lebih lama karena mengandung banyak nutrisi dari sayuran dan lemak hewani di dalamnya.

Sayur sop cenderung mudah dibuat. Kamu dapat menggunakan bumbu buatanmu sendiri atau bumbu instan yang tersedia di minimarket. Sayur sop ini juga dapat dibuat di rice cooker, lho.

3. Nasi merah

Hingga kini, nasi merah masih terkenal dan menjadi rekomendasi pertama bagi mereka yang sedang menjalani diet. Pasalnya nasi merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada makanan berkarbohidrat lainnya. Dengan indeks glikemik yang rendah, proses pencernaan dan penyerapan gizi akan dilakukan secara perlahan sehingga rasa kenyang kamu akan bertahan lebih lama.

4. Oatmeal

Menu yang satu ini juga tak jauh berbeda dari nasi merah. Oatmeal terdiri dari gandum utuh. Karbohidrat komplek didalamnya dicerna lebih lama oleh tubuh. Oleh karena itu, oatmeal dapat membuat rasa kebanyak bertanya lebih lama. Selain itu, oatmeal kaya akan serat yang sangat baik untuk tubuh,

Dalam penyajiannya, oatmeal sering kali ditambah dengan susu, yogurt, dan buah-buahan sehingga semakin banyak nutrisi di dalamnya.

5. Telur

Telur merupakan makanan yang kaya akan protein. Sementa protein sendiri dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Telur dapat dimasak dengan beragam cara. Kamu dapat membuat omelette, scarambled egg, atau merebusnya saja.

Jadi, sudah menentukan menu sahur kamu?

Last modified on Rabu, 22 April 2020 19:36

Leave a Comment