Lezat! Makanan Khas Berbuka Puasa dari 7 Negara di Dunia

Beshbarmak, makanan khas Kazakhstan Beshbarmak, makanan khas Kazakhstan (foto: arbuz.com)

Muslimahdaily - Salah satu momen yang ditunggu saat puasa adalah berbuka dengan makanan khas atau takjil yang tentunya nikmat dan juga lezat. Orang Indonesia biasanya akan selalu menyajikan jajajan ringan untuk berbuka, seperti gorengan, kue, kolak dan minuman segar seperti es buah, sirup dan masih banyak lagi.

Selain di Indonesia, makanan khas berbuka ini juga dimiliki oleh muslim di berbagai negara. Makanan ini mungin baru terdengar di telingamu dan tentunya akan menambah pengetahuan kamu atas keberagaman muslim di dunia.

Berikut menu makanan khas berbuka di tujuh negara:

1. Chebakia - Maroko

Orang Maroko biasanya akan berbuka dengan menu makanan yang manis, seperti kurma, jus dan susu. Salah satu makanan manis yang khas disajikan saat Ramdhan di Maroko adalah Sellou, yaitu kue yang terbuat dari biji wijen, kacang almond dan tepung yang dipanggang hingga berwarna kecoklatan.

Selain itu ada juga Chebakia, kue wijen yang dibentuk seperti bunga dan digoreng dan dilapisi dengan madu. Biasa disebut juga mkharka.

2. Beshbarmak - Kazakhstan

Beshbarmark adalah makanan olahan dari daging kambing atau bisa daging domba atau kuda yang dicampur dengan aneka rempah dan mie buatan sendiri. Makanan khas Kazakhstan ini biasanya juga menjadi menu utama dalam acara besar atau perayaan. Disebut sebagai makanan lima jari, karena merka akan memakannya langsung menggunakan tangan.

3. Malfouf – Palestina

Malfouf adalah makanan khas Palestina yang terbuat dari kubis yang diisi dengan daging cincang, beras dan bumbu rempah, seperti bawang putih, lada dan juga minyak zaitun. Menu berbuka ini terlihat sederhana, tetapi nyatanya malfouf akan membuat setiap orang ketagihan.

4. Falooda – Pakistan

Falooda adalah minuman manis yang segar dan juga menyehatkan. Diolah dari yoghurt dan sirup mawar atau sirup rasa lainnya. Rasa dan bentuknya hampir sama seperti milkshake atau smoothie. Tentunya sangat cocok untuk melepas dahaga saat seharian berpuasa.

5. Ramazan Pidesi – Turki

Ramazan Pidesi merupakan sajian khas berbuka maupun sahur masyarakat Turki. Terbuat dari roti yang lembut dan juga manis. Bentuknya mirip seperti pita, hanya saja pengolahannya menggunakan ragi. Makanan ini sangat sering ditemukan saat bulan Ramadhan.

6. Bolani – Afghanistan

Merupakan roti tipis yang tebuat dari campuran kentang yang dihancurkan, berbagai macam sayuran juga bumbu rempah. Cara memasaknya bisa digorenga atau dipanggang. Biasanya bolani akan disajikan bersama kuah khusus. Di Indonesia, bolani ini mungkin terlihat seperti martabak telur. Siapa yang tak suka, warga Afghanistan sangat suka dengan menu ini.

7. Khingals dan Galnash – Rusia

Khingals adalah roti yang diisi dengan keju, sedangkan galnash adalah roti yang terbuat dari gandum. Bahkan muslim Rusia memiliki minuman khas saat berbuka yaitu kvass. Merupakan minuman hasil fermentasi namun tidak mengandung alkohol.

Sekian berbagai menu berbuka puasa dari berbagai negara, semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan sahabat muslimah.

 

 

Last modified on Kamis, 23 April 2020 15:19

Leave a Comment